Sabtu, 01 Februari 2014

5 Fakta Menarik Tahun Baru Imlek

imlek
Tahun baru imlek merupakan hari pertama, bulan pertama dalam penanggalan China. Masyarakat Tionghoa akan memeriahkan tahun baru ini dengan berbagai macam adat dan Tradisi, seperti bagi-bagi ampau, tarian naga dan petasan yang akan menghiasai malam tahun baru mereka.
Namun, tahukah kamu dibalik tahun baru imlek, ada beberapa fakta unik yang belum diketahui oleh banyak orang. Penasaran apa saja fakta tersebut? Yuk, langsung saja simak yang berikut ini.
1. Warga TiongHoa tidak menyebutnya sebagai Tahun Baru Imlek
Di China, perayaan Tahun Baru Imlek dikenal sebagai festival musim semi, yang dilakukan oleh warga China dari akhir Januari sampai dengan pertengahan Februari.
Tapi ternyata Tahun Baru imlek ini taka hanyak dirayakan oleh warga China, tapi juga dirayakan oleh masyarakat Korea, Vietnam, Jepang, Hong Kong, Makau, Thailand, Taiwan, Singapura, Malaysia Filiphina dan Indonesia.
2. Imlek kerap ditandai dengan kegiatan mengandung takhayul
Pada saat Tahun Baru Imlek, warga TiongHoa tidak boleh mencuci pakaia kotor, atau pun bersih-bersih, karena jika melakukan hal itu, berarti telah membasuh keberuntungan dan kemakmuran.
Pada hari kedua, warga TiongHoa hanya berkumpul bersama keluarga, itu dianggap sebagai awal permulaan tahun. Sedangkan pada hari ketiga, mereka hanya mengunjungi teman dan keluarga. Tapi mereka akan selalu merasa cemas karena pada hari itu merupakan hari yang penuh argumen.
Pada hari ke tujuh, baru lah setiap orang melakukan pesat besar-besaran.
3. Layanan pacar sewaan sangat banyak pada Tahun Baru Imlek
Di China, akan menyediakan pacar sewaan untuk menemani para lajang wanita maupun pria, agar malam tahun baru imlek  tidak menjadi mimpi buruk bagi mereka.
Penyewaan pacar tersebut berkisar Rp 1 juta sampai dengan Rp 16 juta per hari.Pacar palsu tersebut boleh dipeluk, dipengan tangannya dan boleh mencium pipinya. Namun, jika ingin mengajaknya makan malam, maka ada harga tambahan sekitar Rp 97 ribu per jam, jika ingin nonton di bioskop, maka harus membayar Rp 61 ribu perjam, dan akan digandakan jika menonton film horor.Ada-ada saja ya.
4. Petasan di gunakan untuk menakuti Nian
Menurut legenda warga TiongHoa, pada malam Tahun Baru imlek, naga yang disebut Nian akan keluar untuk menyerang masyarakat TiongHoa terutama anak-anak. Namun, Nia memiliki kelemahan yaitu sangat sensitif dengan suara yang berisik. Oleh karena itu, mereka akan membunyikan petasan untuk menakuti Nian.
5. Bagi beberapa orang memakai pakaian dalam merah sangat penting
Ternyata selain Nian takut dengan suara yang berisik, Nian juga takut dengan warna merah. Oleh karena itu, warga Tionghoa identik dengan warna merah, mulai dari pakaian sampai dengan dekorasi rumah. Menarik ya.
Tapi, untuk orang-orang yang lahir pada tahun kuda yang berusia 12 tahun, 24 tahun, 36 tahun, 48 tahun, 60 tahun, 72 tahun, 84 tahunn, dan 96 tahun, diharuskan memakia pakaian dalam merah, karena untuk menghindari kemalangan pada tahun kuda ini.( PS)

Related Posts

5 Fakta Menarik Tahun Baru Imlek
4/ 5
Oleh