Rabu, 19 Februari 2014

7 Fakta Bahaya Konsumsi Gula Secara Berlebihan


Gula saat ini sering dipakai hampir diseluruh produk makanan sebagai pemanis, tapi tak selamanya gula baik untuk kesehatan, beberapa penelitian telah menemukan bahwa lebih banyak efek negatif dari positif untuk produk makanan mengandung gula.
Fakta mencengangkan bahwa 600.000 orang meninggal akibat penyakit jantung di Amerika setiap tahun, menurut CDC yang berbasis di Atlanta. Kematian dini akibat serangan jantung disebabkan konsumsi makanan dan minuman tinggi kandungan gula setiap hari.
Mengkonsumsi terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko kematian dini akibat penyakit jantung, sebuah temuan yang memicu pemerintah Kanada dan Amerika Serikat untuk menawarkan batas diet pada gula.
Inilah 10 fakta bahaya konsumsi gula secara berlebihan, sebagai berikut:
  1. Penyakit Jantung, konsumsi gula yang tinggi dapat melipatgandakan peluang kematian akibat penyakit jantung, menurut sebuah studi yang menambahkan bukti bahwa tingkat tinggi pemanis dalam makanan olahan dan minuman adalah buruk bagi kesehatan seseorang. Klaim sebuah studi JAMA Internal Medicine. 
  2. Obesitas. "Terlalu banyak gula tidak hanya membuat kita gemuk (obesitas), tetapi juga dapat membuat kita sakit," kata Laura Schmidt, pakar kebijakan kesehatan di University of California, San Francisco. 
  3. Kecanduan. David Kessler, mantan anggota FDA, meyakini gula bersama dengan lemak dan garam menimbulkan efek kecanduan yang sama bagi otak. Makin banyak gula yang diasup, makin banyak keinginan kita untuk makan lagi.
  4. Diabetes. Inilah bahaya gula yang paling sering disebutkan oleh para ahli, diabetes. Gula berlebih mengganggu sistem insulin, sehingga konsumsinya yang tidak dikontrol mampu meningkatkan diabetes tipe 2.
  5. Keriput dan Jerawat. Gula tak hanya menyebabkan diabetes, konsumsi gula berlebih juga menimbulkan akibat negatif pada kulit, yaitu keriput dan jerawatan. Klaim Dr Nicholas Perricone, merupakan seorang dokter kulit di New York. 
  6. Gangguan fungsi hati. Gula dan alkohol punya efek yang sama bagi hati, yaitu bersifat racun. Fungsi hati bahkan bisa mengalami gangguan dan kerusakan akibat konsumsi gula berlebihan.
  7. Kematian Dini. Mengkonsumsi terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko kematian dini akibat terkait dengan penyakit jantung.

Related Posts

7 Fakta Bahaya Konsumsi Gula Secara Berlebihan
4/ 5
Oleh