Senin, 17 Februari 2014

8 Foto gunung di Indonesia Pada Zaman Belanda

1. Gunung Kelud baru saja menyemburkan Larvanya, semua perhatian menuju ke salah satu gunung berapi di daerah jawa timur ini, Setelah erupsi Sinabung yang belum juga usai, kini G. Kelud juga erupsi. beberapa waktu yang lalu langit sebagian daerah di jawa tertutup oleh abu Vulkanik semburan dari G. Kelud. mungkinbeum banyak yang belum tahu, seperi apa Gunung Kelud Pada tahun 1890. berikut adalah foto gunung kelud masa lalu.

Gunung Kelud 1890

Gunung Kelud Jaman belanda
Amazing Kelud
kawah kelud
Kawah G. Kelud
gunung kelud tempo dulu
Gunung kelud th. 1890
2. Gunung Semeru, Gunung Semeru atau Sumeru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. osisi gunung ini terletak di antara wilayah administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8°06′ LS dan 120°55′ BT. (wikipedia)

Ranu Kumbolo di Zaman Belanda

ranu kumbolo

Patung Arcopodo di gunung Semeru
arcopodo jaman belanda

Puncak Mahameru
semeru meletus

Ranu Kumbolo 
ranu kumbolo

Padang Savanah

Tanjakan Cinta
tanjakan cinta

3. Gunung Bromo, Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Pemandangan Gunung Bromo

gunung bromo

Tangga menuju puncak Bromo

tangga menuju bromo

Kawah Bromo
kawah bromo

Amazing Bromo
keindahan bromo

4. Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah

Gunung Rinjani

rinjani

Segara Anak Rinjani
gunung rinjani masa lalu

Anak Gunung Rinjani
segara anak rinjani

Amazing Rinjani

5. Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana (Gunung Krakatau) yang sirna karena letusannya sendiri pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Letusan itu sangat dahsyat; awan panas dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Sampai sebelum tanggal 26 Desember 2004, tsunami ini adalah yang terdahsyat di kawasan Samudera Hindia. Suara letusan itu terdengar sampai di Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II.

Anak Krakatau

anak krakatau
6. Gunung Arjuno (atau Gunung Arjuna, dalam nama kuno) terletak di Malang, Jawa Timur, bertipe Strato dengan ketinggian 3.339 m dpl dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soeryo. Biasanya gunung ini dicapai dari tiga titik pendakian yang cukup dikenal yaitu dari Lawang, Tretes dan Batu.

Gunung Arjuna

gunung arjuno jadul

Pendakian Gunung Arjuna
gunung arjuno jaman belanda

Pemandangan gunung Arjuna
gunung arjuno jaman dulu

7. Gunung Merapi (ketinggian puncak 2.968 m dpl, per 2006) adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004

Amazing Merapi
merapi

kawah Merapi
puncak merapi

Puncak Merapi
gunung merapi

Pendakian Merapi
merapi

8. Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato (lihat Gunung Berapi) yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan,Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.

View Merapi dari Merbabu

merapi dari merbabu

Savana Merbabu

sabana merbabu jaman dulu

sumber barutau.com

Related Posts

8 Foto gunung di Indonesia Pada Zaman Belanda
4/ 5
Oleh