Selasa, 18 Maret 2014

5 Bahan Ampuh Buat Kamu yang Sedang Nyeri Sariawan

Tahukah kamu kalau sariawan atau stomatitis sebenarnya tidak terjadi secara kebetulan? Karena ada beberapa penyebab yang menimbulkan sariwan mulai dari kurang vitamin, kebersihan mulut yang kurang terjaga, makanan terlalu asam atau pedas, pasta gigi yang tidak cocok,stress, hingga bibir atau lidah yang tergigit saat makan.
Memang sariawan bukanlah penyakit yang membahayakan seperti kanker ataupun penyakit berat lainnya. Namun jika kamu mengalami sariawan maka akan merusak mood dan nafsu makan karena menahan perih dan sakit yang dialami.
Dilansir Lintas.me Berikut 5 bahan ampuh yang dapat kamu gunakan, untuk mengatasi perihnya sariawan :

1. Buah & Vitamin

Saat sariawan konsumsilah buah-buahan yang mengandung vitamin c seperti jeruk atau tomat, meminum vitamin C yang dijual di toko obat atau apotik juga dapat membantu penyembuhan sariawan namun perhatikanlah dosis dan takarannya.

2. Garam

Tempelkanlah sedikit garam ke bagian mulut yang terkena sariawan atau kamu bisa berkumur dengan air garam. Garam cukup efektif untuk membunuh kuman dan merangsang pembentukan sel-sel baru pada sariawan yang kamu alami.

3. Madu

Madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan madu murni sangat ampuh buat kamu untuk mengobati sariawan. Caranya cukup dioleskan kebagian yang terkena sariawan dan kamu juga dapat meminumnya sebanyak tiga kali sehari sebanyak dua sendok makan.

4. Air Kelapa

Air kelapa dapat memberikan kesegaran pada sistem pencernaan, selain itu air kelapa berkhasiat untuk menyembuhkan peradangan dan luka pada mulut yang menyebabkan kamu sariawan.

5. Yoghurt

Meminum Yoghurt berkhasiat untuk mengontrol bakteri pada mulut dan tubuh. Sehingga dapat mempercepat kesembuhan dan mencegah sariawan.

Related Posts

5 Bahan Ampuh Buat Kamu yang Sedang Nyeri Sariawan
4/ 5
Oleh