Sabtu, 01 Maret 2014

5 Kebiasaan Buruk di Akhir Pekan yang Bisa Merusak Kesehatan


Meskipun hari Sabtu dan Minggu secara teoritis dikhususkan untuk beristirahat, nyatanya kegiatan di akhir pekan justru malah bisa merusak kesehatan.

Saat akhir pekan tiba, sebagian orang menggunakan waktunya untuk berkumpul dengan keluarga, beristirahat, atau melakukan hobi. Tapi ada pula sebagian orang yang justru menggunakan hari liburnya untuk melakukan kegiatan yang tanpa disadari dapat merusak kesehatan.

Berikut 5 kebiasaan di akhir pekan yang bisa merusak kesehatan, seperti dikutip detikHealth dari Thehealthsite
1. Tidur larut malam

Tidur larut di malam Sabtu dan tidur berlebihan di pagi harinya bisa membuat Anda merasa lebih lelah dan membuat lebih sulit untuk kembali ke jadwal tidur normal setelah akhir pekan usai. Hal ini pada gilirannya dapat merusak kebiasaan olahraga dan meningkatkan level stres. Anda harus mencoba dan menjaga jadwal tidur tetap normal dan tidur pada waktu yang biasa Anda lakukan selama seminggu.

2. Makan sembarangan

Kebanyakan orang akan menjaga pola makannya dengan baik selama hari kerja. Tapi di saat akhir pekan, seakan ada 'dispensasi' bagi tubuh dan secara tidak sadar orang makan makanan tidak sehat, seperti junk food, minum alkohol, atau terlibat dengan kegiatan lain yang tidak sehat.

3. Duduk terlalu lama di depan TV atau internet

Kebanyakan orang ingin bersantai di akhir pekan. Namun jika Anda ingin sehat dan bugar, jangan hanya menghabiskan waktu untuk berlama-lama di depan televisi atau main internet. Tetaplah aktif bergerak melakukan hal-hal yang menyenangkan di akhir pekan.

4. Bekerja di akhir pekan

Tidak sedikit orang yang tetap bekerja di akhir pekan demi menyelesaikan pekerjaan di minggu depan. Ini bisa berakibat buruk, karena akhir pekan seharusnya digunakan untuk bersantai dan mengisi ulang 'baterai' dan tenaga Anda. Hindari bekerja di rumah selama akhir pekan jika Anda ingin lebih produktif selama hari kerja.

5. Menghabiskan waktu dengan pekerja rumah tangga 

Karena terlalu sibuk bekerja di kantor, tidak sedikit orang yang mengabaikan pekerjaan rumah tangga selama hari kerja. Akibatnya, pekerjaan rumah menumpuk dan Anda harus mengorbankan waktu istirahat di akhir pekan untuk bekerja di rumah. Ini bisa berakibat buruk karena tubuh juga perlu istirahat. 

Related Posts

5 Kebiasaan Buruk di Akhir Pekan yang Bisa Merusak Kesehatan
4/ 5
Oleh