Rabu, 05 Maret 2014

5 Kulit Buah Ini Ampuh Tingkatkan Kesehatan

Banyak dari Anda yang memilih untuk mengupas buah sebelum mengonsumsinya. Padahal ada beberapa jenis buah-buahan yang kulit buahnya mempunyai nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan daging buah itu sendiri.
Berikut adalah beberapa jenis kulit buah yang memiliki nutrisi untuk meningkatkan kesehatan tubuh seperti dilansir dari Lintas.me.
1. Kulit jeruk
Tahukah Anda bahwa kulit jeruk memiliki jumlah serat 4 kali lebih banyak dibandingkan daging buah jeruk itu sendiri? Bahkan kandungan zat flavonoid di dalamnya seperti tengeretin dan nobiletin di dalam kulit jeruk lebih tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Kedua zat antioksidan ini baik untuk mencegah kanker dan sebagai zat anti inflamasi.
Anda dapat mengonsumsi kulit jeruk sebagai campuran bahan kue atau sebagai makanan penutup Anda.
2. Kulit bawang merah
Kulit bawang merah kaya akan zat quercetin yang baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan mencegah plak arteri. Zat antioksidan di dalamnya pun lebih banyak daripada bawang merah sendiri.
Namun mengonsumsi kulit bawang merah secara mentah juga tidak baik. Sehingga Anda harus mencampurkannya ke dalam masakan yang Anda buat.
3. Kulit kacang almond
Banyak orang yang mengupas kulit kacang almond sebelum memakannya. Padahal kulit kacang almond baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan sebab tinggi akan serat.
Kulit kacang almond juga mengandung vitamin E yang baik untuk mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga Anda tidak perlu menghadapi masalah yang berkaitan dengan kolesterol di dalam tubuh apabila mengonsumsi almond secara rutin.
4. Kulit apel
Apabila Anda memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi apel dengan kulitnya, lanjutkan kebiasaan baik tersebut. Kulit apel mampu mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan kolesterol di dalam darah. Kulit apel juga bermanfaat untuk melindungi Anda dari diabetes dan masalah jantung.
5. Kulit lemon




Menyembuhkan kanker, mengurangi kolesterol di dalam darah, dan melindungi kulit Anda dari penyakit kulit seperti kudis merupakan sederet manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi kulit lemon. Selain itu, meningkatkan kesehatan tulang, kesehatan mulut, dan pencernaan juga adalah khasiat lain dari kulit lemon.
Buah-buahan memang dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari daging, sari buah, hingga kulitnya. Selamat mencoba!

Related Posts

5 Kulit Buah Ini Ampuh Tingkatkan Kesehatan
4/ 5
Oleh