Sabtu, 01 Maret 2014

5 Tempat Bebas Kendaraan Bermotor Di Dunia

 Polusi dimana-mana jadi susah bernafas karna terlalu banyaknya kendaran bermotor, pasti kita memimpikan sebuah tempat yang bebas dari polusi kendaraan bermotor. Di Indonesia sendiri kita memiliki Gili Terawangan sebuah pulau cantik yang sama sekali kendaraan bermotor tak boleh ada.
Ada 5 tempat lainnya di dunia ini yang sama seperti Gili Terawangan, siapa tau kamu bisa mengunjunginya suatu saat nanti, menikmati liburan tanpa terganggu polusi udara.

1. La Cumbrecita - Argentina


postal_426.jpg
(foto : guiadecabanias.com)

La Cumbrecita adalah sebuah kota kecil di Lembah Calamuchita, Argentina. Desa ini memiliki kebijakan hanya membolehkan penduduk dan turisnya berkeliling dengan jalan kaki, bukan kendaraan bermotor.

Biasanya, turis akan menikmati suasana dengan mendaki hutan, melihat air terjun dan kamp di bawah langit bertabur bintang. Tak heran, keberadaannya pun dijadikan sebagai lokasi eco-tourism. Sungguh indah!


2. Fes el-Bali - Maroko

morocco.1198191600.view-of-the-medina-fr
(foto : tripadvisor)

Fes el-Bali di Maroko juga dikenal sebagai kota yang diisi dengan jalan berliku layaknya labirin. Hal ini membuat mobil tak banyak ditemukan di sana. Untuk mencapai destinasi, turis bisa naik sepeda atau jalan kaki. Jadi terkadang medan sulit bisa membawa keuntungan juga ya.


3. Venesia - Italia

Venice_-_Myartspace.jpg
(foto : vemale.com)

Jalan yang sempit dan berliku membuat Venesia di Italia tak memungkinkan untuk dilalui mobil. Transportasi air pun jadi pilihan penduduk dan wisatawan di sana. Untuk mencapai tempat-tempat tujuan, turis bisa naik waterbus atau gondola yang terkenal di dunia. Tak ada alasan untuk naik kendaraan bermotor di tempat seindah ini bukan?


4. Sark - Inggris

sark1MOS1101_428x269_to_468x312.jpg
(foto : dailymail.co.uk)

Meski berada di lepas Pantai Normandia, Prancis, Sark masuk dalam wilayah Inggris atau English Channel Islands. Pulau ini memang kecil, tapi menawarkan panorama yang sangat indah dan cocok untuk dikelilingi dengan bersepeda.

Sama seperti Mackinac Island di AS, Sark juga tidak memperbolehkan kendaraan bermotor lalu lalang di sini. Hanya sepeda dan kuda saja yang bisa turis naiki.


5. Mackinac Island - Amerika

mackinacisland1.jpg
(foto : travelsmartblog.com)

Pulau di Danau Huron, Michigan, AS ini melarang kendaraan bermotor berada di sana. Jadi jangan heran kalau yang terlihat melintas di sana hanyalah kereta kuda dan sepeda.

Biasanya, Mackinac Island memang dijadikan destinasi liburan untuk keluarga. Bukan cuma itu, alam yang masih bersih dan bebas polusi membuat pecinta alam senang datang ke sana. riskydhe

Related Posts

5 Tempat Bebas Kendaraan Bermotor Di Dunia
4/ 5
Oleh