Selasa, 01 April 2014

10 Objek Wisata Terbaik di Sumatera Barat

Inilah daftar 10 objek wisata terbaik di Sumatera Barat yang wajib anda kunjungi. Provinsi dengan ibukota Padang ini dikenal sebagai tanah leluhur masyarakat suku Minang (Minangkabau) dan menawarkan kekayaan budaya dan makanan yang lezat. Provinsi ini juga memilik keindahan alam yang menakjubkan seperti gunung, ngarai, bukit, danau, pantai dan taman nasional. Berikut ini adalah daftar tempat wisata terpopuler menurut wisatawan dalam dan luar negeri seperti yang dirilis oleh tripadvisor.com.

10. Museum Goedang Ransum

Harga Tiket Masuk Museum Goedang RansumUntuk anda yang menggemari wisata sejarah, Museum Goedang Ransum merupakan lokasi wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi yang terletak di Jalan Abdul Rahman Hakim, Kelurahan Air Dingin,Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Anda dapat mencapai lokasi ini, 2-3 jam berkendara dari Kota Padang.
Museum ini merupakan kompleks bekas bangunan untuk pekerja tambang batu bara di Kota Sawahlunto yang merupakan kota penghasil batubara pada tempo dulu yang dibangun pada tahun 1918 oleh Belanda. Museum ini terdiri dari 9 ruangan yaitu, dapur umum, power stoom, mushollah, generator uap, pabrik es, ruangan konservasi, pusat IPTEK, galeri etnografi dan rumah potong.

9. Pantai Carocok Painan

Letak Lokasi Pantai Carocok Painan SumbarPantai ini terletak di bagian barat, 700 meter dari pusat kota Painan, kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dimana 20 meter dari pantai ini terdapat Pulau Cingkuk, pulau kecil yang mempunyai keindahan luar biasa dengan pasir putih dan airnya yang jernih. Sebagai tempat wisata terkenal di Painan, pantai ini menawarkan wisata alam dan kuliner dimana anda bisa menjelajahi laut dengan harga kapal yang terjangkau.

8. Air Terjun Lembah Anai

Letak Lokasi Air Terjun Lembah Anai PadangAir Terjun Lembah Anai tidak berada di tengah hutan yang mungkin sulit dicapai oleh pengunjung tetapi terletak di tepi jalan raya Di Padangpanjang antara Padang dan Kota Bukitinggi, sangat berdekatan dengan jembatan dan rel kereta api lama yang tidak digunakan lagi. Dengan tinggi 35 meter, air terjun yang indah ini adalah bagian dari cagar alam yang mengalir melewati lereng dan perbukitan yang berkelok-kelok dimana lembah dan bukit di sekelilingnya sangat hijau dan penuh dengan aneka ragam flora dan fauna termasuk pohon besar dan monyet yang berkeliaran.
Karena sudah terkenal sebagai destinasi favorit berwisata, di sekitar tempat wisata ini terdapat berbagai fasilitas termasuk kamar mandi (toilet), warung makanan dan minuman yang menjual aneka produk kuliner khas Minang. Terdapat juga banyak penginapan dengan tarif yang terjangkau.

7. Istano Basa

Gambar Istano Basa Pagaruyung yang BaruIstano Basa ini terletak di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar. Walaupun hanya replika dari istana Kerajaan Pagaruyung (pecahan Malayapura), tempat ini menjadi objek wisata budaya favorit di provinsi Sumatera Barat. Istana aslinya sendiri sudah tidak ada dan terbakar dua kali, pada tahun 1804 dan 1966. Istana ini kemudian didirikan pada tanggal 27 Desember 1976 oleh Harun Zain, gubernur pada masa itu dan dibuka untuk umum. Pada tahun 2007, istana ini juga mengalami kebakaran hebat karena terkena petir dimana 15 % barang dan dokumen ikut terbakar.
Istana ini memiliki luas sekitar 11,4 hektar dimana istananya sendiri menjadi museum untuk mengenalkan sejarah kerajaan tempo dulu, adat dan budaya Minangkabau. Daerah sekitarnya menjadi tempat kegiatan camping dan ekowisata.

6. Pulau Sikuai

Pulau Sikuai Terletak di Propinsi Sumatera BaratPulau ini terletak di sisi barat, 30 menit dari kota Padang tepatnya di Kecamatan Bungus Teluk Kabung yang dapat dicapai dengan menggunakan transportasi kapal melalui pelabuhan Muara atau dermaga Airud Bungus. Dengan luas sekitar 45 hektar, pulau ini menawarkan pemandangan alami yang eksotis dengan pasir putih dan hutan tropis yang masih alami dimana 2,4 hektar digunakan untuk kawasan tujuan wisata. Akomodasi di pulau ini lumayan lengkap dengan berbagai hotel berbintang tiga, penginapan lainnya, restoran dan fasilitas lainnya. Beberapa hotel juga menawarkan pantai private sehingga pengunjung dapat bersantai. Atraksi yang dapat anda lakukan di pulau ini adalah mengeksplorasi hutan dan melakukan olahraga panjang tebing atau olahraga air.

5. Jam Gadang Bukittinggi

Hotel Dekat Jam Gadang BukittinggiJam Gadang merupakan menara denga 4 jam besar berukuran 80 cm yang menjadi ikon kota Bukitinggi. Yang dibangun pada tahun 1926. Tempat ini menjadi objek wisata menarik karena taman disekitarnya merupakan tempat masyarakat bersantai dan banyak kegiatan dan acara dilakukan. Jam ini digerakkan secara mekanik oleh mesin dan didatangkan langsung dari negara Belanda, sama seperti Big Ben di kota London. Bangunan Jam Gadang cukup unik karena bergaya kolonial (walaupun sudah tiga kali atapnya diubah) dan dibangun dengan memadukan gaya arsitektur Eropa dan rumah adat Minangkabau, tidak ada besi penyangga dan semen, tetapi hanya pasir putih, kapur dan putih telur.

4. Gunung Marapi

Jalur Pendakian Gunung Marapi Sumatera BaratGunung Marapi yang mempunyai ketinggian 2.891 meter di atas permukaan air laut terletak di Kabupaten Agam dan dapat dilihat dari beberapa daerah termasuk kota Bukitinggi dan Padangpanjang. Gunung ini termasuk paling aktif aktivitas vulkaniknya dimana sudah 50 kali meletus sejak akhir abad ke-18 dimana aktivitas leturan terakhir terjadi pada awal tahun 2012.
Jika gunung ini tidak menunjukkan aktivitas vulkanik yang membahayakan, Gunung Marapi menjadi lokasi wisata alam untuk melakukan pendakian dan trekking dimana puncak gunung ini bisa dicapai dalam waktu 5-6 jam pendakian.

3. Pulau Pagang

Gambar Pulau Pagang, Padang Sumatera BaratPulau Pagang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan dianggap sebagai pulau terindah di pesisir Sumatera Barat karena mempunyai pasir yang putih dan bersih dengan kondisi alami, hanya sedikit orang, tidak ada sampah, tidak ada penginapan atau fasilitas resor. Tempat wisata ini sangat menarik dikunjungi karena menawarkan pemandangan yang sangat alami, seakan tidak pernah dijamah manusia sehingga wisatawan luar negeri sangat menyukai mengunjungi pulau ini sekaligus untuk melakukan kegiatan berenang, menyelam dan snorkeling untuk menikmati pemandangan terumbu karang yang indah dengan ikan-ikannya. Untuk mencapai Pulau Pagang, biasanya pengunjung berangkat dari pulau Bungus dengan menggunakan jasa transportasi boat.

2. Ngarai Sianok

Great Wall Ngarai Sianok Bukittinggi Sumatera BaratNgarai Sianok terletak di kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam dimana terdapat Lembah Hirau dengan kedalaman 100-150 meter yang mempunyai bentuk memanjang sampai 15 km dan berkelok dengan lebar 200 meter yang menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Di lembah tersebut terdapat sungai Batang Sianok yang dapat diarungi dengan menggunakan kayak atau kano dimana dapat ditempuh selama 3-4 jam dari nagari Lambah sampai Korong Sitingkai, Palupuh. Lembah ini juga kaya akan flora dan fauna termasuk bunga Rafflesia, salah satu tanaman langka di Indonesia dan hewan langka seperti tapir dan macan tutul. Salah satu aktivitas yang digemari para turis adalah panjat tebing.

1. Danau Maninjau

Letak Geografis Danau Maninjau SumbarSama seperti Danau Toba di Sumatera Utara, Maninjau merupakan danau vulkanik yang terletak di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, 140 km dari utara kota Padang atau 26 km dari Bukitinggi dengan luas sekitar 99,5 km persegi dan kedalaman 495 meter yang berada di ketinggian 461,5 meter diatas permukaan air laut. Danau ini terbentuk dari peristiwa vulkanik atau letusan gunung Sitinjau sekitar 52 ribu tahun yang lalu. Terdapat juga PLTA di danau ini yang menghasilkan daya sebesar 68 MW.
Karena menawarkan pemandangan alam yang indah dan iklim yang bersahabat, Danau Maninjau menjadi tujuan wisata paling favorit di Provinsi Sumatera Barat. Untuk menikmati pemandangan yang indah, sebaiknya anda ke Puncak Lawang untuk melihat danau dari ketinggian, melakukan olahraga paralayang dan mengamati matahari terbenam (sunset) dengan warna langit merah.

Related Posts

10 Objek Wisata Terbaik di Sumatera Barat
4/ 5
Oleh