Kamis, 24 April 2014

10 Tips Travelling Ala ‘Lonely Planet’

10 Tips Travelling Ala 'Lonely Planet'-hilirmudik
Dunia ini memang penuh dengan keindahan. Tapi, kita juga tidak dapat menyangkal bahwa dunia ini juga berbahaya.
Bagi traveller sejati mungkin sudah paham akan hal ini dan bahkan pernah mengalami hal-hal buruk ketika sedang berwisata ke negara-negara kecil maupun besar.
Dikutip dari situs lintas.me, terdapat 10 tips travelling yang dapat membuat perjalananmu menyenangkan dan juga aman.
1. Kesan Seorang Backpacker
Setiap kali Anda melakukan backpacker, Anda sellau membawa tas besar berbagai atribut yang menguatkan kesan bahwa Anda seorang backpacker. Namun, percayalah bahwa penduduk lokal terganggu dengan pemandangan tersebut. Apalagi jika Anda mengunjungi restoran dengan membawa atribut tersebut. Mungkin penduduk lokal akan kehilangan selera makan.
2. Pisahkan Sumber Keuangan Anda
Travelling tidak sama seperti jalan-jalan ke pusat hiburan dekat rumah Anda. Maka dari itu, jangan pernah menyatukan uang dan berbagai kartu kredit dalam satu tempat atau satu dompet. Mengapa? Sebab, jika dompet tersebut hilang, maka Anda akan kehilangan semua sumber keuangan Anda. Ingin kelaparan di negara orang? Sepertinya tidak.
3. Jangan Menaruh Dompet Di Belakang Jeans
Menyambung dari poin kedua, bahwa kehilangan dompet adalah sesuatu hal yang menyesakkan. Maka dari itu, jangan pernah menaruh dompet di kantung belakang jeans yang Anda kenakan. Sebagai pilihan, Anda bisa menggunakan tas pinggang.
4. Scan Semua Dokumen Penting
Scan semua dokumen penting yang Anda perlukan untuk keperluan traveling. Kemudian email ke Anda sendiri. Dengan begitu Anda tak perlu takut kehilangan dokumen, sebab Anda memiliki soft copy dari dokumen tersebut. Lupakan fotokopi, kertas fotokopi bisa hilang.
5. Jangan Memercayai Orang Yang Mengenakan Kaos Polo
Menurut situs lonelyplanet.com, jika Anda melakukan travelling, biasanya Anda akan bertemu dengan orang-orang yang mengenakan kaos polo, dan mereka akan mengenalkan Anda ke berbagai tempat yang cocok untuk turis. Namun, sebetulnya orang tersebut adalah pemandu yang memiliki niat buruk kepada Anda. Biasanya, mereka akan menghabiskan uang Anda dengan sekejap. Atau, menipu Anda.
6. Tanggalkan Perhiasan dan Barang-Barang Mahal Lainnya
Dengan mengenakan perhiasan mahal justru akan menarik perhatian para pencuri. Tidak hanya perhiasan, bahkan kamra seharga puluhan juta pun dapat mengundang kejahatan. Jadi, tanggalkan perhiasan Anda, dan taruh kamera mahal Anda di tas saat tidak dipakai. Oh ya, hindari juga untuk makan di restoran mahal. Selain menghemat, hal tersebut juga tidak akan mengundang kejahatan. Makan di tempat murah, dan cukup menikmati minuman kemasan.
7. Jangan Tinggalkan Barang Anda di Tempat Umum
Hal ini harus disadari oleh semua backpacker. Sebab, masih banyak traveller yang membiarkan tasnya berada di tempat umum tanpa diawasi oleh pemiliknya.
8. Waspada Menggunakan Kartu Kredit di Warnet Lokal
Menggunakan kartu kredit di warnet lokal sangat berbahaya. Sebab, sudah banyak software yang dapat mencatat data-data yang Anda masukkan ke dalam komputer. Akun bank dan email Anda dapat dibuka dengan mudah oleh orang yang ahli dalam bidang komputer.
9. Jangan Menyentuh Kucing dan Anjing
Bukan berarti Anda tidak boleh memerhatikan binatang. Namun, waspadalah terhadap kucing dan anjing yang ada di jalanan. Anda tidak pernah tahu bagaimana mereka bertahan hidup selama ini. Bisa jadi mereka telah terjangkit rabies. Dan, jika Anda tergigit? Rumah sakit menjadi destinasi Anda selanjutnya.
10. Musuh Terbesar Anda Adalah Seorang Teman
Hmm… Kadang, seorang teman dapat berlagak layaknya sesorang yang serba tahu. Bahkan, mereka kerap kali melakukan hal-hal yang diluar batas peraturanmu. Ayolah, semua backpacker pasti memiliki peraturannya sendiri. Oleh sebab itu, tetaplah pada pendirian dan peraturan Anda. Waspadai setiap tingkah laku teman. Sebab, bisa-bisa mereka menjerumuskan Anda ke dalam situasi yang tak ingin didapatkan.

Related Posts

10 Tips Travelling Ala ‘Lonely Planet’
4/ 5
Oleh