Kamis, 24 April 2014

5 makanan Yang Mampu Penuhi kebutuhan vitamin D

Penuhi kebutuhan vitamin D dengan 5 makanan ini!
Vitamin D adalah jenis vitamin penting yang membantu fungsi tubuh secara keseluruhan. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan banyak masalah, mulai dari tulang rapuh, masalah otot, hingga masalah rambut.

Salah satu sumber terbaik vitamin D adalah sinar matahari. Namun tentu saja terus-terusan berada di bawah sinar matahari justru tak baik untuk kesehatan kulit. Untuk itu, untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan berikut ini, seperti dilansir oleh merdeka.com
1. Jamur
Jamur bisa memproduksi vitamin D jika terpapar sinar matahari dalam masa pertumbuhannya. Jamur juga merupakan salah satu namanya yang kaya akan vitamin D. Selain itu, jamur merupakan penghasil vitamin B5 dan tembaga yang juga dibutuhkan tubuh.

2. Lemak ikan
Lemak ikan seperti salmon, tuna, dan makarel kaya akan vitamin D. Selain vitamin D, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Meski begitu, hati-hati terhadap ikan yang banyak mengandung merkuri.

3. Minyak hati ikan cod
Minyak hati ikan cod merupakan salah satu suplemen yang paling populer. Suplemen ini mengandung vitamin D dan vitamin A yang sangat tinggi.

4. Kuning telur
Kuning telur juga mengandung banyak vitamin D. Selain itu, kuning telur juga mengandung banyak protein dan sumber yang baik untuk mendapatkan vitamin B12. Meski begitu, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi kuning telur jika sedang berdiet, karena kalorinya yang cukup tinggi.

5. Produk yang diperkaya vitamin D
Ada banyak produk yang diperkaya dengan vitamin D seperti susu sapi, susu kedelai, jus jeruk, sereal, dan lainnya. Produk tersebut bisa ditambahkan vitamin D di dalamnya. Anda bisa melihat melalui kemasan, produk mana yang diperkaya dengan vitamin D yang cukup banyak.

Jangan terburu-buru mengonsumsi suplemen vitamin D dalam bentuk kapsul atau apapun. Mengonsumsi vitamin D melalui makanan-makanan yang alami masih lebih baik dan sehat dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen saja.

Related Posts

5 makanan Yang Mampu Penuhi kebutuhan vitamin D
4/ 5
Oleh