Minggu, 04 Mei 2014

4 Manfaat Minum Susu Secara Rutin

minum susu

Susu adalah minuman alam yang sangat bergizi. Di dalamnya mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu jumlah nutrisi yang cukup besar adalah kalsium dan vitamin D. Susu murni maupun yang telah diproses rendah lemak sama bergizinya. Proteinnya juga baik untuk membangun tubuh.
Meski begitu, ada beberapa orang yang memang harus menghindari susu. Mereka mengalami intoleransi laktosa. Artinya, tubuh mereka tidak memiliki cukup enzim laktase dalam mencerna laktosa susu. Susu menjadi wajib dihindari kecuali dalam jumlah sangat sedikit atau dengan menambahkan cairan penurun laktosa. Itu pun sebaiknya atas saran dokter.
Nah, buat Anda yang tidak bermasalah dengan susu, berikut manfaat dari susu seperti dikutip dari laman Lintas.me:
  1. Susu mendukung tulang kuat.Sekitar 99 persen kalsium tubuh disimpan dalam tulang. Semakin tinggi kalsium, tulang juga bertambah kuat. Artinya, seseorang akan terhindar dari patah tulang dan osteoporosis akibat kekurangan kalsium dengan minum susu.
  2. Kalsium susu memberikan kontribusi pada otot dan darah yang lebih sehat. Pada otot, kalsium mendukung fase kontraksi. Dalam aliran darah, jumlah kalsium yang normal membantu kontraksi pembuluh darah dan proses sirkulasi. Kekurangan kalsium akan diambil dari stok yang ada di tulang.
  3. Peminum susu cenderung langsing. Peminum susu cenderung memiliki pla makan lebih sehat secara keseluruhan dan lebih bisa menjaga berat badan dibanding bukan peminum susu. Namun perlu dihindari susu yang ditambahkan terlalu banyak gula. Lebih baik lagi jika mengonsumsi susu rendah lemak.
  4. Menyukupi beberapa nutrisi penting harian. Minum tiga gelas susu rendah lemak per hari mampu menyukupi 100 ersen kebutuhan kalsium harian dan 75 persen kebutuhan vitamin D. Kalsium dan vitamin D bekerja bersama-sama dalam tubuh. Di samping itu, susu juga kaya dengan kalium, fosfor, vitamin A, dan vitamin B12.

Related Posts

4 Manfaat Minum Susu Secara Rutin
4/ 5
Oleh