Jumat, 09 Mei 2014

8 Makanan Pengontrol Kolesterol

Jantung
Mengontrol kadar kolesterol bisa dilakukan dengan cara yang enak. Banyak berbagai makanan atau minuman yang turut membantu agar tidak terjadi lonjakan kolesterol jahat (LDL) lebih tinggi dari ambang batas. Jika kolesterol ini terlalu tinggi, berisiko memunculkan plak dalam pembuluh darah yang memicu terjadinya serangan jantung dan stroke.
Dikutip dari lintas.me, makanan berikut memiliki nutrisi yang berguna dalam pencegahan naiknya kolestero LDL:
  1. Oats. Makanan dari gandum ini mampu menyumbang penurunan kolesterol LDL hingga 5,3 persen dalam 6 minggu hanya dengan mengonsumsi dua porsi setiap hari. Kandungannya yang bermanfaat adalah beta glucan yang berguna menyerap kolesterol.
  2. Salmon dan minyak ikan. Di dalam ikan tersebut atau minyaknya terdapat kandungan asam lemak omega 3. Fungsinya untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang membantu penurunan kolesterol jahat (LDL). Walhasil seseorang terhindar dari serangan jantung dan stroke dengan mengonsumsinya secara teratur. Asam lemak omega 3 juga ditemukan pada kebanyakan ikan yang punya lemak.
  3. Biji-bijian. Makanan ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang memiliki molekul asam lemak paling rendah. Lemak ini cuup sehat bagi tubuh.
  4. Kacang. Makan kacang sekira setengah cangkir, akan menurunkan kolesterol sampai 8 persen. Kacang bisa dimakan sebagai sup atau direbus. Banyak pilihan yag bisa dikonsumsi seperti kacang tanah, kedelai, dan sebagainya.
  5. Teh. Minum teh membantu tubuh dalam mengatur kadar kolesterol LDL berkat kandungan fitokimia di dalamnya. Teh memiliki antioksidan tinggi, namun jumlah kafein yang lebih sedikit dibanding kopi.
  6. Coklat. Antioksidan dalam coklat membantu mencegah kerusakan pada pembuluh darah. Terutama coklat hitam yang lebih banyak unsur kakao-nya, ikut mengurangi masalah kardiovaskular hingga 21 peren dengan mengonsumsi 100 gram setiap hari.
  7. Bayam. Sayuran ini mengandung 13 senyawa flavanoid yang mencegah seseorang dari terserang penyakit jantung, kanker, hingga osteoporosis. Makan setengah cangkir bayam dapat mengurangi kolesterol karena memiliki kandungan lutein.
  8. Minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki asam lemak tak jenuh tunggal yang menurunkan kolesteroljahat dan trigliserida. Meski begitu, minyak tersebut tidak lantas menurunkan kolesterol baik yang diperlukan tubuh.

Related Posts

8 Makanan Pengontrol Kolesterol
4/ 5
Oleh