Minggu, 01 Juni 2014

Inilah 5 Tips Membuat Secangkir Kopi Yang Nikmat.


KOPI - Hampir sebagian besar manusia di dunia ini pasti menyukai KOPI, bahkan ada yang tak bisa hidup tanpa kopi. Minuman yang satu ini memang sangat nikmat, aroma dan rasanya yang khas dan pekat membuat kita semangat seharian jika diseruput pada pagi hari.

Namun tak jarang pula kopi yang kita buat tidak sesuai selera rasanya. Bagaimana sih membuat sendiri kopi yang enak dan mantap seperti di Coffe Shop ternama? Berikut 5 tips membuat kopi yang nikmat ala eatingwell.com berikut ini.


BELI BIJI KOPI SEGAR

Biji kopi yang terlalu lama akan kehilangan aroma dan rasanya yang khas, apalagi jika terpapar matahari di ruangan terbuka. Jadi belilah biji kopi yang masih baru dan fresh. Cara penyimpanan biji kopi yang baik adalah ditempat tertutup yang kedap udara dan disimpan pada suhu kamar atau hangat.


PILIH BUBUK KOPI YANG BARU DIGILING

Ketika digiling, kopi akan cepat kehilangan rasa dan aromanya, maka dari itu belilah bubuk kopi yang baru digiling dan simpan dengan cara yang sama seperti menyimpan biji kopi tadi.


KUALITAS AIR YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT KOPI

Hal lain yang perlu diperhatikan selain 2 hal diatas adalah air. Rasa kopi akan langsung berubah jika kita menyeduhnya dengan air yang mengandung KLORIN. Jadi usahakan menggunakan air yang bersih dan murni tanpa campuran bahan kimia apapun.


SUHU AIR YANG TEPAT

Suhu air juga harus diperhatikan, jika terlalu panas maka rasa kopi akan pahit dan tidak enak. Suhu ideal untuk membuat secangkir kopi yang nikmat adalah 200℃. Atau mudahnya adalah ketika air mendidih angkat dan diamkan selama 45-50 detik sebelum digunakan menyeduh kopi.


PERALATAN YANG BERSIH

Pastikan kebersihan peralatan seperti cangkir dan sendok, karna bekas minyak atau kurang bersih dalam pencucian akan sangat mengurangi rasa dari kopi.

Itu tadi beberapa tips sederhana dalam menyiapkan secangkir kopi yang nikmat dan pekat. Selamat mencoba

Related Posts

Inilah 5 Tips Membuat Secangkir Kopi Yang Nikmat.
4/ 5
Oleh