Selasa, 19 Agustus 2014

5 Masjid Paling Besar di Dunia

Masjid adalah tempat ibadah Ummat Islam. Walaupun ibadah bisa di tempat - tempat yang lain, tapi Masjid punya kelebihan tersendiri. Kini, Masjid - masjid besar dan megah bisa kita temukan dimana saja, dan inilah 5 mesjid paling besar di dunia sampai saat ini:
1. Masjidil Haram Mekah, Arab Saudi
Struktur Masjidil Haram saat ini mencakup area seluas 400.800 meter persegi (99,0 hektar) termasuk luar dan dalam ruang berdoa dan dapat menampung sampai 4 juta jamaah selama musim haji.
Masjidil Haram adalah masjid yang mengelilingi Ka'bah (tempat orang Muslim menghadap di waktu shalat) dan dianggap sebagai tempat tersuci di bumi oleh umat Islam. Masjidil Haram Alias Masjid Agung ini Terletak di kota Mekah (makkah), Arab Saudi.
2. Masjid Nabawi Madinah, Arab Saudi
Masjid Nabawi Alias Mesjid Nabi yang dianggap sebagai situs tersuci kedua oleh Ummat Islam, adalah sebuah masjid yang terletak di kota Madinah. 

Salah satu fitur yang paling terkenal dari situs ini adalah Kubah Hijau di tengah-tengah masjid, tempat makam Nabi Muhammad berada. Hal ini tidak diketahui dengan pasti kapan dibangun kubah hijau tetapi naskah menanggalkan pada awal abad ke-12. 

Masjid aslinya adalah sebuah bangunan terbuka. Rencana dasar bangunan telah diadopsi dalam pembangunan mesjid lain di seluruh dunia. Masjid ini juga berfungsi sebagai pusat kegiatan masyarakat, pengadilan, dan sekolah agama.
3. Masjid Hassan II di Casablanca
Inilah Mesjid terbesar di Maroko yang menduduki peringkat ketiga di Dunia. Masjid Hassan II terletak di Casablanca Maroko ini dirancang oleh arsitek Perancis Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues. Masjid Itu berdiri di sebuah tanjung menghadap ke samudra Atlantik, yang dapat dilihat melalui lantai kaca raksasa. Menara masjid Hassan merupakan yang tertinggi di dunia mencapai 210 m.
4. Masjid Muhammad Ali Pasha Cairo, Mesir
Mesjid Muhammad Ali Pasha atau Mesjid Alabaster adalah sebuah masjid yang terletak di dalam Benteng Kairo di Mesir dan dperintahkan di bangun oleh Muhammad Ali Pasha antara 1830 dan 1848.

Karena terletak di puncak benteng dengan siluet animasi dan dua menara kembar, masjid Utsmani ini merupakan masjid yang paling terlihat di Kairo. Masjid ini dibangun untuk mengenang Tusun Pasha, putra tertua Muhammad Ali, yang meninggal pada 1816.

Masjid ini merupakan salah satu fitur pertama yang akan terlihat ketika mendekati kota dari sisi mana pun.
5. Masjid Istiqlal di Jakarta, Indonesia
Dari segi kapasitas menampung jamaah, Masjid Istiqlal Jakarta merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid Istiqlal dibangun untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, sebagai rasa syukur atas berkat rahmat Allah; kemerdekaan Indonesia tercapai. Oleh karena itu masjid nasional di Indonesia ini bernama "Istiqlal", sebuah kata dalam bahasa Arab yang berarti "Kemerdekaan".
Namun, yang terpenting dari sebuah mesjid bukanlah ukurannya, tapi jumlah jamaah yang memakmurkannya. Persatuan akan semakin kuat jika ummat Islam meramaikan mesjid untuk beribadah bersama - sama. sumber busetdah.com

Related Posts

5 Masjid Paling Besar di Dunia
4/ 5
Oleh