Kamis, 04 September 2014

5 Atlet Paling Tajir di Dunia

Lihai menggiring atau menghalau bola memasuki gawang membuat sejumlah bintang lapangan hijau bernilai tinggi. Bahkan kebanyakan atlet sepakbola luar negeri berpindah klub dengan nilai transfer yang fantastis. Tak pelak, gaya hidup mereka pun tergolong jetset.

Selain pesepakbola, ada pula atlet dari cabang olahraga lain yang memiliki pendapatan sangat besar. Berikut penulusuran Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia mengenai lima atlet dengan penghasilan tertinggi di dunia.

1. Floyd Mayweather, Jr.
(Photo by Joe Scarnici/Getty Images)(Photo by Joe Scarnici/Getty Images)Petinju Floyd Mayweather Jr. memuncaki daftar atlet dengan bayaran tertinggi di dunia 2014 versi Forbes. Total ia mendapatkan pemasukan sebesar US$ 105 juta, atau sekitar Rp 1,2 triliun. Dengan begitu, Mayweather menjadi atlet pertama setelah Tiger Woods yang dalam setahun berhasil meraup US$ 100 juta, atau lebih dalam daftar atlet dengan bayaran tertinggi versi Forbes.

Pesona Mayweather memang luar biasa. Siapa pun lawan yang dihadapi, dia selalu membawa daya tarik tersendiri. Ketika bertemu Alvarez (Meksiko) pada perebutan gelar kelas menengah junior WBA Super/WBC, dia mampu membukukan rekor pendapatan dari tiket senilai US$ 20,3 juta. Jumlah itu melewati rekor pendapatan tiket yang juga ia bukukan saat berhadapan dengan Oscar de la Hoya dalam perebutan gelar kelas menengah junior BC pada 2007, sekitar US$ 18,4 juta.

Kalau ditotal dengan bayaran duelnya menghadapi Robert Guerrero pada Mei lalu, ia akan mencapai pendapatan US$ 73 juta. Jelas ini luar biasa. Bahkan, Mayweather masih berpeluang mendapatkan bonus tambahan dari penjualan televisi kabel pay-per-view (PPV) yang revenue-nya diprediksi mencapai US$ 200 juta. Tentunya ini akan mempertebal tabungannya. Pria 36 tahun ini memang wajar mendapatkan semua itu. Sebab dia sudah menjadi seniman tinju yang luar biasa.

2. LeBron James
LeBron Ja(Photo by Ty Wright/Getty Images)(Photo by Ty Wright/Getty Images)mes menempati posisi kedua dalam daftar atlet dengan penghasilan terbesar 2014. Total dalam setahun ia bisa mengumpulkan pundi-pundi hingga US$ 72, 3 juta atau kurang lebih sekitar Rp 852 miliar.

Lebih dari separuh penghasilan, ia dapatkan di luar lapangan. Sebab saat ini, James adalah pemain NBA yang paling laris menjadi bintang iklan. Tercatat beberapa merek terkenal seperti Nike, Mc Donald, atau Coca Cola menjadikan pemain timnas basket Amerika ini sebagai bintang iklan. Dari kontrak iklan dengan deretan perusahaan itu, total ia meraup US$ 53 juta.  


3. Kobe Bryant
Kobe Bryant meKobe Bryant prepares to pounce. (Getty Images)Kobe Bryant prepares to pounce. (Getty Images)rupakan pebasket NBA dengan gaji tertinggi saat ini, senilai US$ 30,5 juta setiap tahunnya. Meski pada musim 2013-2014 ia hampir absen di semua pertandingan karena patah kaki, hal itu tidak menyurutkan pendapatan pemain LA Lakers ini.

Selain dari gaji, pundi-pundi Bryant makin tebal dengan beberapa kesepakatan kontrak bersama perusahaan terkemuka seperti Turkish Air, Lenovo, Nike, dan Panini. Dengan kontrak senilai lebih dari US$ 31 juta per tahun, Bryant ditempatkan pada nomor tiga dalam daftar olahragawan berpendapatan terbesar versi majalah Forbes. Sebab total pendapatannya mencapai US$ 61,5 juta atau senilai Rp 720 miliar.


4. Tiger Wood(Photo by Theo Wargo/NBC/Getty Images for "The Tonight Show Starring Jimmy Fallon")(Photo by Theo Wargo/NBC/Getty Images for "The Tonight Show Starring …
Di bawah Kobe Bryant ada olahragawan golf Amerika, Tiger Wood yang memiliki pendapatan sebesar US$ 61,2 juta. Pegolf yang sempat membuat heboh karena kasus seksnya itu berada di posisi empat versi majalahForbes. 

Meskipun kariernya meredup pascaskandal seks terbongkar, pria bernama lengkap Eldrick Tont Woods itu tetap mampu mengumpulkan uang dari berbagai sumber. Sebanyak US$ 6,2 juta ia peroleh dari honor sebagai pegolf, sementara sebanyak US$ 55 juta dari kontrak jangka panjang dengan raksasa apparel olahraga Amerika, Nike.


5. Roger Federer
Roger Federer dari lapangaREUTERS/Shannon StapletonREUTERS/Shannon Stapletonn tenis menempati urutan kelima dengan pendapatan sekitar US$ 56,2 juta. Petenis asal Swiss yang sempat lama tidak terkalahkan di lapangan ini kabarnya memiliki nilai kontrak yang fantastis dengan salah satu produsen apparel olahraga ternama di dunia, Nike. Pria Swiss ini diikat kontrak sepanjang sepuluh tahun dengan nilai mencapai US$ 100 juta.

Related Posts

5 Atlet Paling Tajir di Dunia
4/ 5
Oleh