Kamis, 18 September 2014

5 Makanan Nusantara yang Bau gan, tapi masih dimakan


Spoiler for Rangkuman:
Pasti Agan semua udah pada gak asing sama ini makanan, karna ini makanan adalah penghibur mulut disaat kita makan sambel .Terasi itu sebenernya adalah udang yang difermentasikan. Dibeberapa tempat terasi itu juga disebutnya belacan. Tapi sebenernya terasi ini punya nama keren lho yaitu shirmp paste. Nah buat orang Indonesia sih terasi itu merupakan salah satu bumbu yang wajib ada di dapur. Karena biasanya terasi itu sering dijadiin sambel atau bisa juga nasi goreng terasi. Kalau sudah jadi sambel terasi, meskipun bau biasanya akan malah menambah nafsu makan  . Tapi beda lagi kalo kamu ngolah terasinya di luar negeri, terutama yang banyak orang bulenya. Sebab terasi yang digoreng atau dibakar itu baunya menusuk sekali bagi hidung para bule  . Sampai-sampai ada yang dipanggilin polisi cuma gara-gara masak terasi. Ahh baru juga terasi aja udah keganggu, mungkin juga karena si Oom dan Tante bule belum pernah nyium yang namanya........
Spoiler for OPEN:
Spoiler for Rangkuman:
Yang berikutnya dan khas banget dari Indonesia ! itu apalagi kalau bukan pete. Beberapa orang sih nyebutnya petai, tapi sama aja kok. Biji pete ini tumbuh dari pohon yang termasuk dalam famili fabaceae atau polong-polongan. Biasanya sih pete yang diolah itu adalah pete yang masih muda. Terus beberapa hasil dari olahan dari pete yang terkenal itu adalah nasi goreng pete, sambel goreng ati pete, sambel pete sampai telur goreng yang dikasih pete. Meskipun pete ini bau banget , tapi tetep aja orang-orang masih mau makan pete. Malah banyak juga yang doyan banget sama pete. Tapi di tipi-tipi, pete itu seringnya digambarkan sebagai makanan orang kampung  . Terus kalo ada cewek cantik biasanya najis banget sama yang namanya pete .

Ternyata eh ternyata pete ini punya manfaat banyak banget lho. Antara lain menenangkan sistem syaraf, membantu menstabilkan mood saat PMS, buat sembelit alias gak bisa ber*k  , mengendalikan nafsu makan sampai membantu mengurangi efek nikotin. Terus pete itu mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Sehingga kalo abis makan pete itu bisa membuat tubuh kita jadi lebih bertenaga. Pantesan kebanyakan cewek-cewek cantik yang gak doyang pete itu klemer-klemer. Buat kamu yang gak suka sama pete, setelah tau banyak sekali manfaat yang dihasilkan sama pete, apakah kamu mau nyoba makan pete? Efek sampingnya cuma dikit kok, paling nafas dan pipis kamu jadi bau, iya gitu
Oiya, ada pete yang jago banget sampe juara Wimbledon 7 kali lho!
Spoiler for Fotonya gan:
Mungkin kalau keringetan bau juga
Spoiler for OPEN:
Spoiler for Rangkuman:
Jengkol ini sebenernya masih sodaraan sama pete karena juga termasuk dalam famili fabaceae atau polong-polongan. Tapi bau jengkol itu gak setajam baunya pete. Bentuk olahan yang paling sering ditemui dari jengkol itu adalah semur jengkol, rendang jengkol, dan jengkol balado. Meskipun jengkol itu berguna untuk mencegah diabetes dan baik untuk kesehatan jantung, tapi hati-hati dalam mengkonsumsi jengkol. Karena di dalam biji jengkol itu mengandung asam jengkolat, yaitu semacam asam amino yang bisa menyebabkan keracunan biji jengkol. Orang-orang sih sering nyebutnya penyakit jengkolan yang gejalanya antara lain kejang otot terutama bagian perut, mual muntah, sampai tetensi urin yang bisa mengakibatkan gagal ginjal akut. Makanya disarankan untuk tidak minum air jeruk setelah makan jengkol. Karena fusion antara air jeruk dan biji jengkol bisa mempercepat pembentukan asam jengkolat di dalam tubuh. Karena itulah orang-orang yang mengkonsumsi jengkol itu tidak sebanyak orang yang mengkonsumsi pete.

Kalau tadi pete itu efek sampingnya cuma dari nafas dan pipis yang jadi ikutan bau, maka kalau habis makan jengkol itu lebih parah. Karena dari nafas, keringat, urine sampe feses kamu jadi bau, dan baunya lebih parah daripada habis makan pete. Di beberapa tempat sih jengkol itu sering disebut juga dengan jering. Nah buat kamu yang fansnya Superman Is Dead (SID), mungkin kamu langsung inget sama drummernya SID yang namanya Jerinx ya. Atau mungkin juga Oom Jerinx itu emang hobi makan jengkol. Coba deh kalau ketemu kamu bauin badannya, bau jengkol apa kaga 
Oh iya, ada satu lagi karakter yang terinspirasi dari jengkol juga lho. Coba deh kamu perhatiin, wajahnya mirip gak sama jengkol?
Spoiler for Fotonya gan:
Jengkolin ini pasti karakternya terinspirasi dari jengkol...
  1. DURIAN aka DUREN
Spoiler for OPEN:
Spoiler for Rangkuman:
Kalau durian ini masih jadi perdebatan ya. Buat orang yang gak suka sih buah durian ini baunya gak enak banget, tapi kalau buat yang doyan ya katanya durian ini baunya harum, termasuk ane . Biasanya sih yang doyan durian itu ya orang-orang dari Asia Tenggara karena emang durian itu merupakan salah satu buah tropis. Sedangkan orang-orang bule rata-rata gak suka sama durian. Terus karena baunya yang menyengat, banyak juga larangan bawa-bawa durian di angkutan umum, hotel, apalagi di pesawat. Harga buah durian itu sendiri relatif mahal gan. Karena itulah aneka makanan yang ada campuran atau aroma duriannya ikutan mahal juga harganya.

Btw, kalau inget durian pasti inget lagunya Jupe yang fenomenal banget, Belah Duren . Ya emang kalau mau menikmati durian itu, kamu mesti buka dulu duriannya. Buat orang yang gak pengalaman sih mbuka duren itu susah banget dan agak tricky. Tapi kalo durennya udah kebuka, whhuuaaa pasti semerbak baunya bikin kamu pengen cepet-cepet menikmatinya. Dan akhirnya kamu jadi ketagihan pengen belahin duren-duren yang lain. 
  1. TAPE's
Spoiler for OPEN:
Spoiler for Rangkuman:
Makanan bau selanjutnya itu adalah tape yang bahan dasarnya adalah singkong atau beras ketan yang difermentasi sama ragi. Karena bahan dasarnya adalah singkong dan beras ketan maka tape ini kandungan karbohidratnya tinggi banget. Jadi kalau agan habis makan tape itu rasanya kenyang dan panas gitu di tubuh. Terus pada tiap-tiap daerah, tape itu punya varian yang berbeda-beda seperti tape singkong, tape uli, tape ketan hitam, atau peyeum. Tapenya sendiri bisa dimakan langsung gitu aja atau dicampurin ke dalam aneka olahan lain seperti es campur, es doger, sampai es favorit kamu semua es cendol. Atau bisa juga tape itu dijadiin rondo royal dan colenak. Ane jelasin ya, kalau rondo royal itu tape goreng, bukan tante-tante royal yang mau beliin kamu apa aja. Sedangkan colenak itu tape bakar, udah gitu aja gak usah mikir yang aneh-aneh.  kaskus.co.id

Secara tekstur sih tape itu bentuknya lunak, lengket, dan sedikit berair, rasanya manis-manis asem dan baunya khas gitu. Jadi kalau kamu nanti lihat sesuatu yang lunak, lengket, sedikit berair, kalo dirasain berasa asem manis dan baunya khas banget, berarti itu ya tape.

Related Posts

5 Makanan Nusantara yang Bau gan, tapi masih dimakan
4/ 5
Oleh