Minggu, 07 Desember 2014

10 Film Dengan Kerugian Terbesar

Hollywood kerap menghadirkan film-film berdana fantastis dengan harapan dapat menarik penonton sebanyak-banyaknya menyaksikan produksi mereka di bioskop-bioskop dunia.
Biaya besar diperlukan untuk mengontrak aktor ternama untuk mejadi daya tarik utama film tersebut, ataupun biaya besar diperlukan untuk menutupi biaya produksi seperti spesial efek yang menakjubkan dan lain-lain.
Banyak film-film berbudget selangit meraup kesuksesan dan profit yang melimpah. Namun tak sedikit pula film-film yang menguras dana besar ini malah melempem di pasar dan mendatangkan kerugian bagi produser dan studio yang memproduksinya.
Berikut ini kami merangkum 10 film dengan kerugian terbesar (dihitung berdasarkan inflasi terhitung sampai tahun 2012).
10. Stealth
Film produksi Columbia Pictures ini dibintangi sejumlah aktor Hollywood kawakan seperti Jamie Foxx, Jessica Biel dan Josh Lucas.
Dirilis pada 29 Juli 2005, film yang kisahnya berpusat pada pesawat siluman tanpa awak yang ini bernama EDI ini menelan biaya produksi sebesar $135 juta.
Rob Cohen yang sukses membidani beberapa film sukses Hollywood seperti The Fast and The Furious and xXx ditunjuk sebagai sutradara. Mengambil lokasi syuting di beberapa negara seperti Thailand, Australia dan New Zealand.
Namun kehadiran aktor-aktor ternama dan sutradara handal tidak dapat menghindarkan film yang ditulis oleh W.D. Richter ini untuk menelan kerugian besar.
Dikabarkan film yang melibatkan 3 kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat yaitu USS Abraham Lincoln, USS Nimitz dan USS Carl Vinson dalam proses pengambilan gambar tersebut mengalami total kerugian sebesar $111,700,123.
9. Heaven’s Gate
Film western kolosal ini dirilis pada 19 November 1980. Diproduksi oleh Partisan Studio.
Diilhami oleh kejadian Johnson County War yang terjadi di Wyoming pada 1892.
Bintang-bintang yang tampil antara lain Kris Kristofferson, Christopher Walken, Isabelle Huppert, Jeff Bridges dan John Hurt. Nama-nama ini termasuk dalam jajaran aktor papan atas Hollywood pada waktu itu dan bahkan hingga masa kini.
Film yang sempat dituduh melakukan eksploitasi pada hewan ini disutradai oleh sutradara kontroversial Michael Cimino yang sebelumnya sukses menyutradarai The Deer Hunter pada tahun 1978.
Cimino dilaporkan menggelapkan uang produksi film ini hanya untuk memenuhi keinginan kompulsifnya dalam memperhatikan detail film. Bahkan dikabarkan ia menyewa beberapa penjaga bersenjata untuk menahan siapapun masuk ke ruang editing dan mengganggu pekerjaannya.
Film ini mengalami kerugian yang sangat besar yaitu $114,281,677.
8. Speed Racer
Film produksi bersama Jerman dan Amerika ini diangkat dari komik jepang (manga) dengan judul yang sama karya Tatsuo Yoshida.
Dirilis pada 3 Mei 2008 oleh Warner Bros pada Tribeca Film Festival, film bergaya semi animasi ini dijejali oleh sederet bintang ternama Hollywood.
Selain Emile Hirsch dan Christina Ricci yang menjadi tokoh sentral cerita, beberapa aktor kawakan juga ikut mendukung film yang disutradarai oleh Wachowski bersaudara yaitu Larry dan Andy Wachowski ini.
Sebut saja nama-nama seperti John Goodman, Susan Sarandon dan Matthew Fox. Juga bintang Korea, Rain.
Wachowski bersaudara yang sukses besar dengan trilogi The Matrix gagal mempersembahkan keuntungan bagi Village Roadshow Pictures yang memproduksi film ini.
Dengan anggaran fantastis sebesar 200 juta dolar, film berdurasi 134 menit ini menelan kerugian sebesar $114,479,584.
7. Town & Country
Bergenre drama komedi, film besutan sutradara Peter Chelsom ini menghadirkan sejumlah bintang kawakan Hollywood seperti Warren Beatty, Diane Keaton dan Goldie Hawn.
Didistribusikan oleh New Line Cinema dan dirilis pada 27 April 2001 film ini menyedot biaya produksi tak kurang dari 105 juta dolar.
Film ini mempertemukan kembali aktor Warren Beatty dan Diane Keaton untuk pertama kalinya sejak film mereka Reds yang dirilis pada tahun 1981.
Semua nama besar yang hadir tidak menjamin film yang ditulis oleh Michael Laughlin dan Buck Henry ini menerima ulasan yang bagus dari para kritikus.
Banyak diantara mereka yang menilai Town & Country sebagai film yang sangat membosankan untuk ditonton.
Terkait atau tidak dengan penerimaan kritik yang negatif tersebut, Town & Country dengan segudang bintang tenarnya gagal meraup keuntungan dan menderita kerugian sebesar $124,202,203.
6. The 13th Warrior
Film ini bercerita tentang Ahmad ibn Fadlan seorang penyair dari Baghdad yang diperankan oleh Antonio Banderas dalam melakukan perjalanan ke negeri barbar di utara untuk membantu mereka mengusir kekuatan gelap yang mengganggu kehidupan disana.
Diangkat dari novel karya penulis tersohor Michael Crichton yang berjudul Eaters of the Dead, film ini disutradarai oleh John McTiernan yang pernah sukses menyutradarai beberapa film Arnold Schwarzenegger seperti Predator, Die Hard dan Last Action Hero.
Film berdurasi 103 menit ini diproduksi oleh Touchstone Pictures dan didistribusikan oleh Buena Vista Pictures. Dirilis pada 27 Agustus 1999.
Film ini menerima kritikan pedas dari para kritikus sebagai film dengan lokasi dan busana yang hebat namun memiliki cerita yang dangkal.
Efek dari penerimaan yang buruk oleh para kritikus tersebut membuat Omar Sharif yang berperan sebagai Melchisidek dalam film ini sangat kecewa dan memutuskan untuk istirahat dari dunia perfilman hingga tahun 2003.
The 13th Warrior mengalami kerugian sebesar $137,142,407.
5. Mars Needs Moms
Film animasi 3D bergenre fiksi ilmiah komedi ini diangkat berdasarkan buku karya Berkeley Breathed dengan judul yang sama.
Dirilis pada 11 Maret 2011, disutradarai oleh Simon Wells yang telah berpengalaman dalam menggarap film-film animasi seperti Antz, Shrek, dan Kung Fu Panda.
Film produksi Walt Disney ini menghadirkan beberapa nama yang cukup tenar di Hollywood seperti Seth Green, Dan Fogler, dan Joan Cusack.
Kisah dalam film yang berdurasi 88 menit ini berpusat pada Milo yang diperankan oleh Seth Green.
Mars Needs Mom menuai beragam komentar dari para kritikus. Namun garis besarnya mereka menilai film ini memiliki kualitas akting yang bagus dari para aktornya namun memiliki kekurangan dari sisi penulisan, cerita dan animasi 3D.
Film ini mengalami kerugian sebesar $140,513,991.
4. Sahara
Bergenre aksi komedi, film yang diangkat dari novel laris karya Clive Cussler dengan judul yang ini termasuk film berbudget besar dengan nilai kerugian yang besar pula.
Disutradarai oleh Breck Eisner dan dibintangi aktor komedi kawakan Matthew McConaughey, si seksi Penélope Cruz, Steve Zahn dan aktor senior William H. Macy.
Didistribusikan oleh Paramount Pictures dan dirilis pada 4 April 2005 berkisah tentang petualangan sepasang pemburu harta karun dalam membantu seorang dokter PBB yang cantik dalam menguak misteri penyebaran epidemi di sebuah negara Afrika yang dikuasai oleh seorang jenderal diktator.
Film berdurasi 124 menit ini menelan biaya produksi dan promosi yang sangat besar. Diperkirakan total biaya yang dikeluarkan oleh para produser mencapai angka 240 juta dolar.
Seiring dengan penerimaan kritik yang buruk, Sahara menderita kerugian sebesar $144,857,030.
3. The Adventures of Pluto Nash
Tidak ada yang meragukan kemampuan akting aktor komedi yang satu ini. Ya, Eddie Murphy merupakan salah satu komedian paling terkemuka di Hollywood.
Siapa yang tidak kenal film-filmnya yang sangat terkenal seperti Beverly Hills Cop, The Nutty Professor, Shrek, dan lain-lain.
Namun kali ini, Eddie kurang beruntung karena filmnya masuk pada daftar film dengan nilai kerugian terbesar.
The Adventures of Pluto Nash bergenre komedi fiksi ilmiah, disutradarai oleh Ron Underwood yang terkenal dengan trilogi Tremors.
Selain menghadirkan Eddie Murphy sebagai bintang utama, film ini juga menampilkan bintang-bintang tenar Hollywood seperti Randy Quaid, Rosario Dawson, dan Luis Guzmán.
Diluncurkan pada 16 Agustus 2002, film berdurasi 95 menit yang diproduksi oleh Castle Rock Entertainment dan Village Roadshow Pictures serta didistibusikan oleh Warner Bros ini menerima ulasan yang amat sangat buruk dari para kritikus.
Kritikan yang sangat buruk tersebut berbanding lurus dengan kerugian yang diderita film ini yaitu senilai $145,877,124.
2. The Alamo
Film yang dirilis pada 9 April 2004 ini berkisah di seputar perang Benteng Alamo pada masa Revolusi Texas.
Disutradarai oleh John Lee Hancock dan dijejali oleh kehadiran beberapa aktor senior kawakan Hollywood.
Mereka adalah Dennis Quaid, Billy Bob Thornton, dan Jason Patric.
Pada awalnya, Ron Howard ditunjuk untuk menyutradarai film ini dan Russel Crowe berperan sebagai Sam Houston, tokoh utama pada The Alamo sebelum digantikan oleh Dennis Quaid. Sedangkan Ron Howard hanya berperan sebagai produser bersama Mark Johnson.
Berdurasi 139 menit, film ini diproduksi oleh Touchstone Pictures dan Imagine Entertainment. Sedangkan distribusi diserahkan pada Buena Vista Pictures.
Film epik historikal berdasarkan kejadian sebenarnya ini mengalami kerugian senilai $146,644,313.
1. Cutthroat Island
Inilah pemuncak pada daftar 10 Film dengan Kerugian Terbesar.
Cutthroat Island yang berkisah tentang petualangan seorang wanita bajak laut ini disutradarai oleh Renny Harlin yang memiliki beberapa karya film terkenal seperti Die Hard 2, Cliffhanger, The Long Kiss Goodnight, Deep Blue Sea, The Covenant, dan lain-lain.
Dirilis pada 22 December 1995, film berdurasi 124 menit ini dibintangi oleh aktris kenamaan Hollywood Geena Davis, dan didukung penampilan bintang-bintang lain seperti Matthew Modine dan Frank Langella.
Kisah menarik dibalik pembuatan film ini adalah, pernikahan antara sang sutradara Renny Harlin dengan sang bintang utama Geena Davis.
Namun kisa romantis tersebut tidak menolong Metro-Goldwyn-Mayer sebagai distributor karena Cutthroat Island menderita angka kerugian yang sangat fantastis yaitu sebesar $147,157,681 atau setara dengan Rp. 1.765.892.172.000!!!

Related Posts

10 Film Dengan Kerugian Terbesar
4/ 5
Oleh