Minggu, 07 Desember 2014

10 Topan dan Badai Terdahsyat

Dalam daftar 10 Topan dan Badai Terdahsyat, kami dari Klub Sepuluh mencoba untuk mengurutkan fenomena alam yang kerap menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang tidak sedikit ini.
Dalam kurun waktu 100 tahun belakangan, bumi telah dilanda berbagai macam topan dan badai dengan kekuatan dahsyat diantaranya yang paling terkenal adalah badai Katrina yang meluluhlantakan kota New Orleans di Amerika Serikat atau yang baru saja menghantam negara tetangga kita, Filipina, yaitu topan Haiyan yang merenggut ribuan korban jiwa.
top-10-topan-dan-badai-terdahsyat
Yuk sobat Klub Sepuluh kita simak badai apa saja yang ada di daftar ini :
10. Badai Andrew
top-10-topan-dan-badai-terdahsyat
Kerusakan yang ditimbulkan badai Andrew
Badai ini mulai terbentuk pada 16 Agustus 1992 diatas Samudera Atlantik bagian tengah dan berakhir pada tanggal 28 di bulan yang sama di dataran Amerika.
Badai Andrew yang sempat menimbulkan tornado hebat berkategori F5 ketika melewati Kepulauan Bahama ini menghantam bagian selatan negara bagian Florida dan bagian barat daya negara bagian Louisiana.
Kecepatan angin badai tropis ini mencapai 280 km/jam dan menelan korban jiwa secara langsung sejumlah 26 orang dan secara tidak langsung sejumlah 39 jiwa, serta total kerugian materi senilai lebih dari 26,5 miliar dolar.
9. Badai Katrina
top-10-topan-dan-badai-terdahsyat
Pemandangan kota New Orleans setelah
diterjang dahsyatnya badai Katrina
Mungkin badai yang satu ini merupakan bencana alam yang paling diingat oleh warga negeri paman sam juga warga dunia. Bahkan hingga saat ini, kota New Orleans, negara bagian Louisiana, yang paling parah terkena dampak dari badai Katrina belum pulih sepenuhnya.
Terbentuk diatas kepulauan Bahama pada 23 Agustus 2005, badai Katrina memasuki daratan Amerika melalui Florida bagian selatan sebagai badai berkategori 1 yang menyebabkan banjir dan menelan 1 korban jiwa. Badai ini kemudian menguat ketika memasuki Teluk Meksiko yang hangat dan menjadi kategori 5. Namun kemudian melemah menjadi kategori 3 ketika kembali memasuki daratan, tepatnya di bagian timur laut negara bagian Louisiana pada Minggu pagi tanggal 29 Agustus dan menimbulkan kerusakan parah sepanjang jalur lintasannya mulai dari Florida bagian tengah sampai negara bagian Texas.
Kota yang mengalami dampak terparah badai ini adalah New Orleans. Kota ini luluh lantak dan terendam banjir yang berlangsung selama berminggu-minggu.
Badai Katrina menelan korban jiwa paling tidak 1.833 orang, jutaan orang kehilangan tempat tinggal, dan kerugian materi ditaksir senilai lebih dari 108 milyar dolar.
8. Topan Cora
top-10-topan-dan-badai-terdahsyat
Garis lintasan topan Cora tahun 1966
Topan yang dijuluki Super Typhoon ketika menghantam daratan China bagian timur laut ini awalnya terbentuk di atas Samudera Pasifik bagian barat laut pada 30 Agustus 1966 dengan kecepatan angin maksimal 280 km/jam.
Topan Cora merupakan satu dari 30 topan yang melanda wilayah Pasifik sepanjang tahun 1966 dan bersama 2 topan lainnya yang terjadi tahun itu tergolong sebagai Super Typhoon.
Ketika melintas di dekat pulau Okinawa, Jepang, topan ini menumbulkan kerusakan infrastruktur yang sangat dahsyat namun tanpa menimbulkan korban jiwa. Topan ini kemudian mulai memasuki daratan China pada tanggal 5 September lalu Korea Selatan dua hari kemudian.
7. Topan Tip
top-10-topan-dan-badai-terdahsyat
Foto satelit dari topan Tip
Topan yang mulai terbentuk pada 4 Oktober 1979 dan berakhir pada 22 Oktober 1979 ini tercatat sebagai siklon tropis terbesar dan paling intens.
Setelah melewati Guam, Tip mengalami peningkatan intesitas dengan kecepatan maksimal 305 km/jam sebelum menghantam daratan Jepang sebagai sebuah Super Typhoon kategori 5 atau disebut sebagai Topan Luar Biasa pada 19 Oktober 1979.
Topan ini menyebabkan banjir yang dahsyat dan merenggut sekitar 100 korban jiwa termasuk 13 anggota marinir angkatan laut Amerika Serikat yang pangkalannya terbakar setelah air hujan yang jatuh dari puncak topan ini menyulut api. Sedangkan total kerugian materi terhitung lebih dari 100 juta dolar.
6. Topan Sally
top-10-topan-dan-badai-terdahsyat
Jalur lintasan topan Sally tahun 1964
Super Typhoon yang memiliki nama lain; Aring ini merupakan topan terkuat dari total 52 anomali angin yang terjadi sepanjang tahun 1964. Mulai terbentuk pada tanggal 3 September di dekat Ponape, topan Sally mencapai kecepatan tertinggi pada tanggal 6 September yang mencapai 314 km/h.
Topan Sally menghantam daratan Filipina pada tanggal 9 September sebagai topan kategori 4 dan terus menuju ke barat mencapai daratan China bagian selatan dengan kecepatan 185 km/jam dan menghilang pada tanggal 10 September.
5. Topan Kit
top-10-topan-dan-badai-terdahsyat
Lintasan topan Kit pada tahun 1966
Terbentuk pada 22 Juni 1966, Super Typhoon Kit yang juga dikenal dengan nama topan Emang tidak pernah menyentuh daratan. Namun ketika melintas di timur pulau Honshu, Jepang, sebagai topan kecil pada tanggal 28 Juni, topan ini merenggut 64 nyawa dan 14 lainnya dinyatakan hilang.
Memiliki kecepatan mencapai 314 km/jam, topan Kit merupakan topan terkuat dari keseluruhan 30 angin topan yang terjadi sepanjang tahun 1966.
4. Topan Haiyan
top-10-topan-dan-badai-terdahsyat
Dampak yang ditimbulkan topan Haiyan 2013
Super Typhoon yang mulai terbentuk pada tanggal 3 November 2013 di dekat kepulauan Micronesia ini dikenal juga sebagai Topan Yolanda. Topan ini merupakan yang paling mematikan dengan menelan korban jiwa meninggal dunia sejumlah 6.201 orang hanya di Filipina saja. Korban jiwa dari topan yang tercatat memiliki kecepatan tertinggi saat menyentuh daratan sepanjang sejarah yang mencapai 315 km/jam ini, bahkan masih ditemukan sampai bulan Januari tahun 2014.
Selain Filipina, topan Haiyan yang reda pada tanggal 11 November 2013 itu juga menerpa Vietnam dan China bagian selatan dengan menelan total korban jiwa 11.801 orang dan kerugian materi diperkirakan lebih dari 680 juta dolar.
3. Topan Ida
Jalur lintasan topan Ida pada 1958
Super Typhoon Ida yang melanda daratan Jepang pada tanggal 26 September1958 juga dikenal dengan sebutan Topan Kanogawa.
Topan ini mulai terbentuk pada tanggal 20 September 1958 di wilayah barat Samudera Pasifik dekat Guam. Kecepatan tertinggi dari topan ini adalah 325 km/jam yang mengukuhkan topan Ida sebagai topan tropis terhebat sepanjang sejarah.
Ketika melintasi daratan Jepang, tepatnya di Honshu, topan ini merenggut korban meninggal sebanyak 1.269 jiwa dan kerusakan infrastruktur senilai 50 juta dolar.
2. Topan Violet
top-10-topan-dan-badai-terdahsyat
Jalur lintasan topan Violet pada 1961
Diperkirakan lokasi awal terbentuknya Super Typhoon yang merupakan bagian dari total 30 topan dan badai yang terjadi sepanjang tahun 1961 ini adalah di sekitar pulau Marcus pada tanggal 2 Oktober 1961. Dan pada tanggal 7 Oktober, topan ini mencapai puncaknya dengan kecepatan angin 335 km/jam.
Dari titik awalnya, topan Violet bergerak ke utara dan mencapai area semenanjung Boso, Jepang, yang berada cukup dekat dengan kota Tokyo.
Tidak banyak kerusakan yang ditimbulkan topan ini, dilaporkan korban meninggal hanya 2 orang di Jepang. Selain karena kekuatannya cenderung menurun saat menyentuh daratan, daerah-daerah yang dilewatinya juga telah melakukan persiapan. Namun gambaran tentang betapa dahsyatnya topan ini dapat dilihat dari terhempasnya sebuah kapal kargo seberat 9.124 ton ke daratan Kepulauan Daito saat topan ini melintasinya pada tanggal 9 Oktober 1961.
1. Topan Nancy
top-10-topan-dan-badai-terdahsyat
Jalur lintasan topan Nancy pada 1961
Inilah topan terdahsyat yang pernah terjadi dalam sejarah. Super Typhoon ini memiliki kecepatan tertinggi 345 km/jam. Terbentuk pertama kali pada 7 September 1961 di atas atol Kwajalein, topan Nancy menelan korban jiwa meninggal dunia sebanyak 191 orang saat menghantam Guam, Kepulauan Ryukuku, kemudian daratan Jepang.
Demikian daftar 10 Topan dan Badai Terdahsyat sepanjang sejarah versi Klub Sepuluh. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan sobat semua, atau membantu untuk dapat mempersiapkan diri lebih baik dalam menghadapi bencana seperti ini.

Related Posts

10 Topan dan Badai Terdahsyat
4/ 5
Oleh