Jumat, 19 Juni 2015

10 Nama Masjid Terbesar di Dunia Kebanggaan Umat ISlam

Posted by Achmad sulaiman Posted on 05:33 with No comments
Masjid merupakan tempat umat islam menunaikan salah satu rukun islam yaitu shalat.  berikut ini adalah nama-nama masjid terbesar di dunia yang menjadi kebanggaan umat islam. Kita sebagai umat muslim di Indonesia patut bangga karena 2 dari 10 masjid tertinggi di dunia terletak di Indonesia, yaitu masjid Istiqlal dan Al Akbar.
1.Al-Masjid Al-Haram (bahasa Arab: المسجد الحرام, Masjid Suci atau Masjid Agung)
Terletak di kota Mekkah, Arab Saudi. Ini adalah masjid terbesar di dunia dan mengelilingi salah satu tempat suci Islam yakni Ka'bah. Salah satu Rukun Islam mewajibkan setiap muslim untuk melakukan haji setidaknya sekali dalam seumur hidup nya jika mampu melakukannya. Struktur saat ini mencakup area seluas 356.800 meter persegi (88,2 hektar) termasuk ruang berdoa outdoor dan indoor dan dapat menampung hingga dua juta jamaah selama musim haji, salah satu pertemuan tahunan terbesar orang di dunia. Tidak seperti banyak masjid lainnya yang dipisahkan, pria dan wanita dapat beribadah di Al-Masjid Al-Haram bersama-sama.

2.Al-Masjid al-Nabawi (Arab: المسجد النبوي)
Sering disebut Masjid Nabawi, adalah sebuah masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW terletak di kota Madinah. Ini adalah situs paling suci kedua umat Islam (yang pertama adalah Masjid al-Haram di Mekah). Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun dalam sejarah dan sekarang salah satu masjid terbesar di dunia. Setelah ekspansi pada masa pemerintahan al-Walid I, juga sekarang menggabungkan lokasi tempat peristirahatan terakhir dari Muhammad dan para pemimpin Muslim awal Abu Bakar dan Umar.

3. Masjid Imam Reza (Persia: حرم امام رضا) 

Terletak di Mashhad, Iran adalah sebuah kompleks yang berisi makam Imam Reza, Imam Syiah Imamiyah kedelapan. Ini adalah masjid terbesar di dunia dengan dimensi dan terbesar kedua dalam kapasitas. Juga terdapat dalam kompleks meliputi: Masjid Goharshad, museum, perpustakaan, empat seminari, makam, Universitas Ilmu Islam Razavi, sebuah ruang makan untuk peziarah, ruang doa yang luas, dan bangunan lainnya.Kompleks ini merupakan pusat pariwisata di Iran Masjid ini sendiri meliputi area seluas 267.079 meter persegi, sementara tujuh halaman yang mengelilingi itu mencakup area seluas 331.578 meter persegi .sehingga secara keseluruhan luas sebesar 598.657 meter persegi (6.443.890 kaki).

4. Masjid Faisal 

Adalah masjid terbesar di Pakistan, yang terletak di ibu kota nasional Islamabad. Selesai pada tahun 1986, dirancang oleh arsitek Turki Vedat Dalokay akan berbentuk seperti tenda Badui gurun. Masjid Faisal dipahami sebagai Masjid Nasional Pakistan dan dinamai almarhum Raja Faisal bin Abdul Aziz dari Arab Saudi, yang mendukung dan membiayai proyek ini. Masjid terbesar di Asia Selatan, Masjid Faisal adalah masjid terbesar di dunia dari tahun 1986 hingga 1993.

5. Taj-ul-Masajid

Secara harfiah: "mahkota masjid", juga dieja sebagai Taj-ul-Masaajid dan Taj-ul-Masjid adalah sebuah masjid yang terletak di Bhopal, India. Masjid ini juga digunakan sebagai madrasah (sekolah Islam) selama siang hari.

6. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal, (Masjid Kemerdekaan) di Jakarta masjid kebanggaan rakyat Indonesia. Merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara dan memiliki menara tertinggi. Masjid ini dibangun untuk memperingati kemerdekaan Indonesia dan bernama "Istiqlal", sebuah kata bahasa Arab untuk "Kemerdekaan". Masjid ini dibuka untuk umum 22 Februari 1978. Lokasi kompleks masjid ini berada di bekas Taman Wilhelmina, di timur laut lapangan Medan Merdeka yang ditengahnya berdiri Monumen Nasional (Monas). Di seberang timur masjid ini berdiri Gereja Katedral Jakarta. Masjid ini mampu menampung lebih dari dua ratus ribu jamaah.

7. Masjid Hassan II 

Adalah sebuah masjid di Casablanca merupakan masjid terbesar di Maroko. negara dan terbesar ke-7 di dunia. menara masjid ini adalah tertinggi di dunia yaitu 210 meter (689 kaki). Selesai pada tahun 1993, dirancang oleh Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues. Masjid ini berdiri di atas tanjung yang melihat keluar ke Samudera Atlantik, dasar laut yang terlihat melalui lantai kaca dari lobi gedung. 

8. Masjid Badshahi atau (Urdu: بادشاہی مسجد)

Dalam bahasa Persia Padshahi Masjed berarti 'Masjid Imperial' di Lahore, ditugaskan oleh Kaisar keenam Mughal Aurangzeb pada 1671 dan selesai pada tahun 1673, adalah masjid terbesar kedua di Pakistan dan Asia Selatan dan masjid terbesar kelima di dunia. Epitomising keindahan, semangat dan keagungan era Mughal, menjadi daya tarik wisata utama.

9. Masjid-i Jahan-Numa 

umumnya dikenal sebagai Masjid Jama Masjid (Hindi: जामा मस्जिद, Urdu: جامع مسجد) dari Delhi , adalah masjid utama Old Delhi di India. Dibuat oleh Kaisar Mughal Shah Jahan, masjid ini menjadi yang terbesar dan paling terkenal masjid di India. Konstruksi dimulai tahun 1650 dan selesai pada 1656. terletak di awal Chawri Bazar Road, jalan tengah yang sangat sibuk Old Delhi. Pelataran masjid dapat menyimpan hingga dua puluh lima ribu jamaah. Masjid ini juga memiliki beberapa peninggalan dalam lemari di gerbang utara, termasuk salinan antik dari Al-Qur'an yang ditulis pada kulit rusa.

10. Masjid Nasional Al Akbar
Atau biasa disebut Masjid Agung Surabaya ialah masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. masjid ini berada di Kota Surabaya, Jawa Timur. Posisi masjid ini berada di samping Jalan Tol Surabaya-Porong. Ciri yang mudah dilihat adalah kubahnya yang besar didampingi 4 kubah kecil yang berwarna biru. Serta memiliki satu menara yang tingginya 99 meter. Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya dibangun sejak tanggal 4 Agustus 1995, atas gagasan Wali Kota Surabaya saat itu, H. Soenarto Soemoprawiro. Pembangunan Masjid ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Presiden RI Try Sutrisno. Kemudian Pada 10 November 2000, Masjid ini diresmikan oleh Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid.

Demikianlah nama-nama masjid terbesar di dunia, semoga kita sebagai umat muslim bisa khusu beribadah di masjid tersebut amin.Sumber artikel ini dimabil dari wikipedia.

Related Posts

10 Nama Masjid Terbesar di Dunia Kebanggaan Umat ISlam
4/ 5
Oleh