Senin, 04 Januari 2016

Edhi Sunarso Pembuat Patung Pancoran Meninggal Dunia



Senin , 4 januari 2016 pada pukul 22.53. Edhi Sunarso seorang seniman ternama jogja dibalik pembuatan patung pancoran meninggal dunia di rumahakit JIH Jogja,  Jenasah akan disemayamkan di rumah duka griya seni Kustiyah Edhi Sunarso, desa Nganti RT 02, RW 07, jl Cempaka no. 72, Mlati , Sleman, Jogjakarta dan akan dimakamkan di makam seniman imogiri. 

Jenasah akan diberangkatkan dari rumah duka pukul 13.00. Seperti yang kita tahu, atas perintah Seokarno, Edhi Sunarso membuat patung pancoran yang nantinya bisa memcur semangat indonesia. Untuk mewujudkan impiannya mendirikan patung Dirgantara, Soekarno ternyata mengeluarkan biaya dari kantong pribadi dengan menjual sebuah mobil pribadinya.

Dahulu mobil presiden bernilai sangat mahal pada zamannya (perbandingan zaman sekarang sama halnya dengan harga mobil Lamborghini Gallardo MurciƩlago LP 670-4 SuperVeloce sekitar 9,5 M).
Biaya awal ditanggung oleh Edhi Sunarso, sang pemahat. Bung Karno menjual mobil pribadinya seharga 1 juta rupiah pada waktu itu.
Pemerintah sendiri hanya membayar 5 juta rupiah. Sisanya, sebesar 6 juta rupiah, menjadi hutang pemerintah yang sampai saat ini tidak pernah terbayar.
Total biaya pembuatan Patung Dirgantara atau Patung Pancoran pada tahun 1964 adalah 12 juta rupiah.
Alkisah… di pagi yang cerah, di hari Minggu tanggal 21 Juni 1970, Edhie sedang berada di puncak Tugu Dirgantara. Tiba-tiba, melintas iring-iringan mobil jenazah. Salah seorang pekerja di bawah sontak memberi tahu Edhi, bahwa yang barusan lewat adalah iring-iringan mobil jenazah… jenazah Bung Karno, sang penggagas Tugu Dirgantara.

Lemas lunglai Edhi demi mendengar berita itu. Ia pun langsung turun dari puncak Tugu Dirgantara, dan menyusul ke Blitar, memberi penghormatan terakhir kepada Putra Sang Fajar.

Belum usai duka berlalu, Edhi bersemangat menuntaskan amanat terakhir Bung Karno. Sekalipun pekerjaan itu meninggalkan utang negara. Sekalipun patung itu tidak pernah diresmikan oleh pemerintahan Soeharto. Tugu Dirgantara tegar berdiri, menggelorakan semangat, mengekspresikan wajah Gatotkaca. Wajah perkasa yang menyimpan duka di balik pembuatannya.

Related Posts

Edhi Sunarso Pembuat Patung Pancoran Meninggal Dunia
4/ 5
Oleh