Kamis, 25 Februari 2016

10 Masjid Terbesar di Dunia

Masjid merupakan rumah atau pun tempat ibadahnya umat Islam. Sejak zaman dahulu kala, masjid selalu didirikan di setiap wilayah yang ditinggali umat Islam sebagai tempat khusus untuk melaksanakan ibadah bersama – sama.
Karena didirikan sebagai tempat beribadah bersama – sama, maka ukuran bangunan masjid biasanya diatur mengikuti jumlah umat Islam yang tinggal di daerah sekitarnya. Semakin banyak jumlah umat Islam yang tinggal di sekitarnya atau pun yang berpeluang untuk memanfaatkannya, maka semakin besar pula ukuran sebuah masjid dibangun.
Nah, berbicara mengenai ukuran masjid, berikut merupakan 10 masjid terbesar di dunia yang pernah dibangun oleh manusia di muka bumi ini:

10 Masjid Terbesar di Dunia

Masjidil Haram
10 Masjid Terbesar di Dunia
Masjid terbesar di dunia yang pertama adalah Masjidil Haram. Masjidil Haram merupakan masjid yang terletak di Negara Arab Saudi, tepatnya di Kota Mekah. Masjid ini memiliki luas sekitar 990,4 hektar dan dapat digunakan oleh lebih dari 4 juta jamaah yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Terletak di sekeliling / mengelilingi Ka’bah membuat masjid ini menjadi satu – satunya masjid di dunia posisi kiblatnya ada di setiap penjuru sekeliling Ka’bah.
Masjid Nabawi
10 Masjid Terbesar di Dunia
Masjid terbesar ke dua di dunia adalah Masjid Nabawi. Masjid Nabawi adalah masjid berukuran raksasa yang terletak di Kota Madinah. Masjid ini merupakan salah satu Masjid khusus (merupakan tempat dimakamkannya Rasulullah SAW) yang menjadi langganan wajib orang – orang yang sedang melaksanakan ibadah haji atau pun umrah. Di waktu – waktu ramai, biasanya masjid ini dapat menampung pengunjung sekitar 1 juta orang yang berasal dari seluruh penjuru dunia.
Masjid Muhammad Ali Pasha
10 Masjid Terbesar di Dunia
Masjid terbesar ke tiga di dunia adalah Masjid Muhammad Ali Pasha. Masjid Muhammad Ali Pasha yang sering disebut juga dengan Masjid Alabaster merupakan masjid raksasa yang terletak Mesir, tepatnya di Kota Kairo.
Baca juga: Jajaran 10 Rumah Termewah Di dunia
Masjid Istiqlal
10 Masjid Terbesar di Dunia
Masjid terbesar di dunia yang ke empat adalah masjid Istiqlal. Masjid Istiqlal merupakan masjid raksasa yang terletak di pusat ibu kota negara Republik Indonesia yaitu Kota Jakarta. Sejak pertama kali didirikan di masa orde lama (kepemimpinan Presiden Soekarno) hingga Tahun 2016, Masjid ini masih memegang predikat masjid terbesar di Asia Tenggara.
Masjid Hassan II
10 Masjid Terbesar di Dunia
Masjid terbesar di dunia yang selanjutnya adalah Masjid Hassan II. Masjid Hasan II merupakan masjid berukuran raksasa yang dirancang oleh salah seorang arsitek ternama Prancis, yaitu Michel Pinseau. Berbeda dengan kebanyakan masjid lainnya yang didirikan di tengah daratan, Masjid Hassan II didirikan di pinggiran Samudera Atlantik. Tidak hanya berhasil mendapatkan predikat masjid terbesar di dunia, masjid ini kabarnya juga berhasil mendapatkan predikat masjid dengan menara tertinggi di dunia yaitu setinggi 210 meter.
Masjid Faisal
10 Masjid Terbesar di Dunia
Masjid terbesar di dunia yang ke enam adalah Masjid Faisal. Masjid Faisal merupakan masjid raksasa yang terletak di ibu kota Negara Pakistan, yaitu Kota Islamabad. Memiliki kapasitas ruangan yang mampu menampung sekitar 300.000 jamaah, masjid ini berhasil mendapatkan predikat masjid terbesar di benua Asia Selatan.
Masjid Badshahi
10 Masjid Terbesar di Dunia
Masjid terbesar di dunia yang ke tujuh adalah masjid Badshahi. Sama seperti masjid Faisal, Masjid Badshahi juga terletak di negara Pakistan. Sejak pertama kali didirikan pada Tahun 1673, masjid ini mampu menampung sekitar 100.000 jamaah.
Masjid Sheikh Zayed
Masjid Sheikh Zayed merupakan masjid raksasa yang terletak di negara kaya raya Uni Emirat Arab. Masjid Sheikh Zayed pertama kali diresmikan pada Tahun 2007, yaitu pada saat bulan puasa. Meskipun ukurannya terlihat tidak terlalu besar, mesjid ini mampu menampung sekitar 40.000 orang jamaah.
Masjid Jami’ Delhi
10 Masjid Terbesar di Dunia
Masjid Jami’ Delhi merupakan salah satu masjid terbesar di dunia yang terletak di Kota New Delhi, India. Sejak pertama kali didirikan, Masjid ini kabarnya sudah mampu menampung jamaah sekitar 35.000 orang.
Masjid Baitul Mukharam
10 Masjid Terbesar di Dunia
Masjid terbesar di dunia yang terakhir adalah Masjid Baitul Mukharam. Masjid Baitul Mukharam merupakan masjid raksasa yang terletak di Bangladesh, tepatnya di Kota Dhaka. Masjid yang didirikan pada Tahun 1960 ini kabarnya mampu menampung sekitar 40.000 orang jamaah.
Baca juga: Amazing, Inilah 10 Gedung Tertinggi di Dunia
Masjid terbesar di dunia hingga saat ini masih didominasi oleh bangunan – bangunan lama yang didirikan di masa kejayaan Islam. Di masa mendatang kemungkinan besar predikat masjid terbesar di dunia akan bergeser seiring kembalinya kejayaan dinasti Islam mejelang hari akhir kelak.

Related Posts

10 Masjid Terbesar di Dunia
4/ 5
Oleh