Rabu, 28 November 2012

Fakta Mengejutkan dari Buah Jeruk (Citrus)


Keluarga Citrus seperti jeruk sudah lama diketahui sebagai buah yang kaya akan flavonoids. Flavonoid adalah salah satu anti oksidan yang luar biasa dan dapat melindungi tubuh dari penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung.

Walaupun buah – buah citrus memiliki kandungan flavonoids, tetapi ternyata kandungan flavonoid yang tertinggi terdapat pada bagian antara kulit dengan buahnya yaitu sebuah bagian yang berwarna putih. Itu artinya anda sebaiknya mengkonsumsi jeruk bersama dengan bagian benang – benang putih tersebut untuk memperoleh manfaat yang maksimal dari flavonoid.

Salah satu zat yang termasuk dalam flavonoid dan luar biasa adalah naringenin, yang mana bisa ditemukan di hampir semua keluarga citrus dan tomat. Penelitian menunjukkan bahwa naringenin pada citrus dapat mencegah pertumbuhan tumor dan cara memperbaiki DNA yang rusak.

Penelitian dengan menggunakan tikus membuktikan bahwa naringenin juga dapat membantu membakar lemak yang berlebih dengan cara menstimulasi metabolisme hati. Karena faktanya ternyata berat badan tikus itu menurun ketika dikasih makan naringenin.  Sebagai tambahan, naringenin juga meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) pada penelitian ini.

Banyak sekali hal positif yang bisa diperoleh dari benang- benang putih buah jeruk ini, oleh karena itu ketika mengkonsumsi jeruk jangan buang bagian putihnya karena itu adalah bagian yang bermanfaat.

www.vivanews.com

Related Posts

Fakta Mengejutkan dari Buah Jeruk (Citrus)
4/ 5
Oleh