Kamis, 18 September 2014

10 Pasukan Legendaris Sepanjang Masa

Pasukan erat kaitannya dengan prajurit atau ksatria yang berkumpul dalam satu kelompok besar maupun kecil. Mereka adalah pertahanan terdepan bagi suku, bangsa atau pun negaranya, dan kematian di pertempuran bukan lagi sesuatu yang menakutkan. Karena bagi mereka, pencapaian tujuan adalah kemuliaan dan jiwa seorang ksatria. Berikut ini,

Pasukan-Pasukan Legendaris Dunia

10. Suku Aztec
Suku Aztec Pasukan Legendaris Sepanjang Masa
Suku Aztec terkenal kejam dalam setiap pertempuran, mereka biasanya berpakaian seperti binatang elang atau jaguar. Dengan senjata yang sangat primitif, pasukan Cuachicqueh (pasukan elit suku Aztec) memiliki spirit tidak akan pernah mundur bila musuh datang. Namun lambat laun suku Aztec takluk oleh pasukan Spanyol yang memiliki senjata jauh lebih modern.

9. Suku Apache
Suku Apache Pasukan Legendaris Sepanjang Masa
Apache adalah salah satu suku Indian yang menguasai wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Suku Apache lebih banyak berpindah-pindah (nomaden), sehingga tidak banyak meninggalkan bukti sejarah seperti halnya peradaban suku Indian yang lain (Maya, Inca, Aztec).

Suku Apache dikenal sebagai suku Indian paling kuat dalam hal berperang, sehingga luas wilayahnya meliputi sebagian besar daratan Amerika yang kita kenal sekarang. Era kolonial Inggris dan pembentukan negara Amerika oleh para koloni menjadikan suku ini kian tersingkir dan berakhir.

8. Vikings
Vikings Pasukan Legendaris Sepanjang Masa
Bangsa Vikings sangat identik dengan pasukan lautnya, pasukan paling ditakuti di daratan Eropa pada zaman dunia kuno. Mereka dikenal sangat ganas dan suka berperang, sehingga banyak kota di daratan Eropa telah ditaklukkannya. Bagi mereka perang adalah agama, dan kemenangan adalah kemuliaan.

7. Mongol Warriors
Mongol Warriors Pasukan Legendaris Sepanjang Masa
Mongol dikenal sebagai bangsa barbar yang menakutkan pada zamannya. Dibawah kepemimpinan Genghis Kahn, pasukan Mongol menaklukkan banyak wilayah di Asia hingga Eropa. Mereka dikenal sebagai pasukan berkuda yang sangat ahli menggunakan panah, tombak, dan pedang. Dengan keahlian tersebut, mereka membawa Mongol pada puncak kejayaanya dan membangun salah satu imperiumterbesar di dunia. Kejayaan tersebut kemudian dilanjutkan pada putra Genghis Khan yaitu Kubhilai Khan.

6. Roman Legion
Roman Legion Pasukan Legendaris Sepanjang Masa
Roman Legion adalah pasukan kekaisaran Romawi yang sangat terkenal dan ditakuti di zamannya, menaklukkan banyak bangsa. Sehingga kekuasaan Romawi meliputi wilayah yang sangat luas di daratan Eropa dan Asia. Legiun Romawi terdiri dari pasukan yang disebut legionari dan disertai dengan pasukan tambahan dari warga non-Roma. Pasukan Romawi dikenal sangat ahli dalam strategi perang, mahir menggunakan bermacam senjata, dan ahli membuat senjata berkualitas.

Istilah-istilah dalam militer yang digunakan oleh bangsa Romawi hingga kini masih digunakan oleh dunia, seperti Infanteri, Kavaleri, Arteleri, Batalyun, Legiun, Barikade, Militer dan masih banyak lagi.

5. Mamluk
Mamluk Pasukan Legendaris Sepanjang Masa
Mamluk adalah sekelompok budak yang masuk Islami dan melayani para Khalifah Islam atau para sultan Ayyubiah pada abad pertengahan. Setelah masuk Islam, status mereka tidak lagi menjadi budak. Mereka banyak dilatih sebagai prajurit, dilatih menggunakan senjata dan strategi perang. Puncak kejayaan pasukan ini pada masa kepemimpinan Sultan Salahuddin Al Ayyubi yang membebaskan Palestina dari kekuasaan pasukan salib (baca "Pedang Damaskus Membelah Baju Zirah Pasukan Salib"). Kemudian berlanjut pada penaklukkan kekaisaran Romawi di Bizantium, dan menaklukkan Persia.

4. Spartans
Spartans Pasukan Legendaris Sepanjang Masa
Bangsa Spartan sangat mendewakan perang, semuanya tentang perang dan pelatihan militer seumur hidup. Mereka memiliki semboyan "Kembali dengan perisai atau lebih dari itu" yang artinya jangan pernah kembali kecuali anda menang. Mereka dikenal ahli dalam mengunakan perisai dan tombak, sehingga menjadikannya salah satu pasukan tangguh di dunia.

Pasukan Spartan kemudian terkenal dengan pertahanan terakhir mereka padapertempuran Thermopylae (kisah tersebut kemudian diangkat dalam film berjudul ""). Namun kebenaran tentang 300 pasukan Spartan menghadapi pasukan Persia sangat janggal. Sebenarnya Spartan membawa sekitar 8000 pasukan yang terdiri dari 2200 Spartans (1300 hoplites dan 900 healots), 3000 Peloponnesians (Matineans, Tegeans, Arcadians, Corinthians, Philians, dan Mycenaeans), dan 3100 pasukan Yunani (Thespians, Melians, Thebans, Phocians dan Opuntian Locrians).

Dalam film tersebut, Spartans menahan pasukan Persia selama 10 hari. Namun kenyataanya, Spartans hanya berhasil menahan pasukan Persia selama 5-8 hari, itu karena Xerxes memberi Leonidas "5 day ultimatum to retreat". Setelah ultimatum selesai, Persia berhasil menaklukkan Spartans hanya dalam 1-3 hari saja, bahkan ada pendapat lain mengatakan hanya beberapa jam saja.

3. Knights
Knights adalah prajurit elit pada masa Eropa feodal. Dengan menggunakan baju zirah lengkap dengan pedang dan perisai adalah ciri khas mereka. Mereka juga dikenal sangat ahli menggunakan berbagai senjata, ahli strategi perang, sangat loyal pada pemimpin, benar-benar tipe ksatria sejati (lihat film Lancelot, King Arthur, Dragon Prince dan masih banyak lagi).

2. Ninja
Ninja Pasukan Legendaris Sepanjang Masa
Siapa tidak kenal dengan sebutan Ninja, namanya sangat populer keseluruh penjuru dunia dan sangat melegenda. Ninja identik dengan pasukan berpakaian serba hitam dan melakukan aksi pembunuhan dengan cara diam-diam (lengkapnya baca "Legenda Ninja").

1. Samurai
Samurai Pasukan Legendaris Sepanjang Masa
Samurai adalah ksatria dengan pedang (Ken) dari Jepang, mereka adalah prajurit profesional dan sangat terhormat. Mereka dikenal sangat ahli dalam bertarung atau pun perang, mereka memiliki spirit "Mati dalam pertempuran lebih terhormat dari pada hidup dengan kekalahan" artinya para samurai lebih memilih bunuh diri (Harakiri) jika kalah dalam pertempuran.

Karena mereka memiliki spirit juang tinggi secara pribadi maupun kelompok. Jadi tidak salah jika saya menempatkan Samurai sebagai pasukan terhebat di dunia.

Related Posts

10 Pasukan Legendaris Sepanjang Masa
4/ 5
Oleh