Jumat, 19 September 2014

Top 6 Lautan yang Bersinar

Humorist James Thurber pernah menulis, “Ada dua jenis cahaya, yaitu sinar yg menerangi & silau yg mengaburkan”. Dia mungkin juga telah berbicara tentang laut di malam hari. Dalam dunia yg mulai penuh dengan polusi cahaya saat ini, keindahan malam dapat sering dikaburkan oleh sinar lampu-lampu bisnis yg mengelilingi pantai dunia. Tetapi jika Anda melihat lebih dekat, di luar cahaya buatan manusia itu, Anda mungkin akan melihat sesuatu yg istimewa: cahaya bioluminescence yg tenang.

Seperti yg dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru, pasang bercahaya, yg diam-diam bersinar dalam kegelapan, ada di banyak lokasi di seluruh dunia. Ka&g-ka&g air bercahaya tampak seperti cahaya bintang yg berkelap-kelip di dalam air, & ka&g mereka bersinar dengan kecerahan yg cukup untuk dipakai membaca.

Jenis yg paling umum dari bioluminescence laut adalah yg dihasilkan oleh fitoplankton yg dikenal sebagai dinoflagellata. Sebuah studi yg terbaru untuk pertama kalinya mengidentifikasi saluran khusus dalam membran sel dinoflagellata yg merespon sinyal listrik – menawarkan mekanisme potensial untuk bagaimana ganggang membuat pencahayaan yg unik.

fitoplankton-fitoplankton ini memancarkan cahaya setiap kali mereka berdesakan or stres, yg ka&g disebabkan oleh pasang yg bergulir masuk & keluar, ka&g juga dapat disebabkan oleh gerakan perahu or ikan yg bergerak melalui air. Sesekali, cahaya ini bahkan bisa muncul oleh goygan lembut tangan pada air.

Berikut adalah enam tempat di seluruh dunia di mana Anda dapat melihat air bersinar:

1. Blue Grotto, Malta
[​IMG]
Dicapai hanya dengan perahu khusus berlisensi, Blue Grotto of Malta dikatakan salah satu peman&gan alam yg paling spektakuler di dunia. Gua laut di pulau kecil Filfa ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yg terus dihantam oleh gelombang, menghasilkan cahaya berpendar mereka yg terkenal. Blue Grotto sebenarnya hanya salah satu dari sembilan gua, yg semuanya adalah tujuan wisata populer. Filfa sendiri, yg terletak lebih dari tiga mil ke laut, benar-benar tak berpenghuni – kecuali untuk beberapa jenis burung & subspesies dari kadal yg dapat ditemukan di tempat lain.

2. Bioluminescent Bay, Puerto Rico
[​IMG]
Ada tiga laguna bioluminescent di puerto rico, & menjadi tujuan wisata yg populer, tempat di mana orang bisa kayak ke perairan & menyebabkann air bersinar di malam hari. Ketiga laguna ini bercahaya hijau lembut, situasi yg alami tetapi saygnya, salah satu dari tiga laguna akhir-akhir ini mulai kurang bersinar. Mudah-mudahan nasib yg sama tidak akan menimpa dua lainnya.

3. San Diego, California
[​IMG]
Anda harus datang pada waktu yg tepat jika Anda berharap untuk melihat pasang bersinar di San Diego. Mereka tidak terjadi setiap tahun – pada kenyataannya, para ilmuwan belum tahu bagaimana memprediksi kapan mereka akan terjadi. Tapi ketika mereka terjadi, mereka terjadi cukup menakjubkan & orang-orang berduyun-duyun ke pantai untuk memotret pasang biru cerah. Pasang San Diego mungkin bersinar & mungkin tidak bersinar lagi tahun ini, tetapi mereka telah bersinar dalam dekade terakhir. Jadi siapa tahu, jika Anda berada di San Diego, cobalah berjalan-jalan di pantai di malam hari. Anda mungkin saja terkejut.

4. Navarre Beach, Florida
[​IMG]
Bulan-bulan musim panas yg hangat adalah waktu yg tepat untuk pergi kayak di Florida, terutama di sekitar Indian River & Mosquito Lagoon. Di sana, ketika planktonnya tepat, air akan bersinar saat kayak melintas or ada ikan bergerak melalui air. Menurut website pariwisata VisitFlorida, efeknya membuat “ikan terlihat seperti komet biru”. Efek ini juga dapat dilihat dari waktu ke waktu di pantai, seperti dalam foto di atas.

5. Maladewa
[​IMG]
Saat berlibur di Kepulauan Maladewa, fotografer Taiwan Will Ho terpesona dengan peman&gan malam yg luar biasa di pantai salah satu pulau dari kepulauan Maladewa, yg yg dipenuhi oleh jutaan fitoplankton bercahaya. Fenomena ini terjadi tidak hanya di satu pulau maladewa, tetapi juga di pulau-pulau lainnya, tapi pada bulan yg berbeda.

6. Toyama Bay, Jepang
[​IMG]
Item terakhir ini hanya sedikit berbeda dari yg lain. Item yg lain diatas bersinar karena hadirnya ganggang di dalam air. Cahaya di Toyama Bay tidak berasal dari fitoplankton tetapi dari makhluk berpendar disebut cumi-cumi kunang-kunang. Setiap tahun dari Maret sampai Juni, Teluk toyama dibanjiri dengan jutaan cumi tiga inci, yg muncul dari kedalaman laut untuk berkembang biak. Ketika mereka memenuhi air & pantai, baik nelayan & operasi wisata beraksi.

Related Posts

Top 6 Lautan yang Bersinar
4/ 5
Oleh