Minggu, 07 Desember 2014

10 Perhiasan Termahal

Sejak awal perjalanan sejarahnya, manusia terutama kaum wanita tidak bisa dilepaskan dari perhiasan. Bahkan jauh sebelum manusia mengenal api, manusia jaman pra-sejarah diketahui telah mengenakan berbagai macam perhiasan pada tubuh mereka seperti anting yang terbuat dari tulang atau batu-batuan yang berkilau.
Ketika perhiasan berkembang menjadi simbol status sosial pemiliknya, manusia mencari material baru untuk dijadikan perhiasan. Ketika manusia menemukan emas, perak lalu kemudian berlian dan batuan mulia lainnya, perkembangan perhiasan menjadi signifikan.
Nilai dari sebuah perhiasan umumnya dipengaruhi oleh ukuran dan berat material yang membentuknya. Semakin banyak emas atau semakin besar berlian yang bertahta pada perhiasan tersebut maka nilainya akan semakin melangit. Namun kini faktor lain turut mempengaruhi harga dari sebuah perhiasan. Termasuk desain, kelangkaan dan nilai historisnya.
Mari kita simak daftar 10 Perhiasan Termahal yang telah dirangkum oleh tim Klub Sepuluh berikut ini :
10. Gelang Wallis Simpson Panther
Gelang berbentuk macan kumbang ini dibuat oleh Cartier Paris pada tahun 1952. Motif pada tubuh macan kumbang merupakan perpaduan batuan Onyx dan berlian.
Awalnya gelang ini dimiliki oleh seorang sosialita berkebangsaan Amerika, Duchess of Windsor Wallis Simpson yang terkenal dengan penampilannya yang elegan, berpikiran maju dan selera fesyen yang klasik.
Gelang ini telah terjual pada sebuah lelang di rumah lelang termashyur, Sotheby’s dengan harga 3 kali lipat dari harga aslinya walaupun beberapa batu pada gelang ini telah hilang.
Dikabarkan diva pop Madonna yang menyutradari film kisah jalinan asmara antara Wallis Simpson dan Raja Edward VII, sempat memiliki gelang yang berharga Rp. 148.800.000.000.
9. Tiara Emerald dan Berlian
Tiara menakjubkan ini awalnya dimiliki oleh Putri Katharina Henckel von Donnersmarck. Selain ratusan butir berlian dalam berbagai ukuran, pada tiara ini terdapat 11 butir batu emerald Kolombia berbentuk buah pir dan berukuran besar yang sangat langka. Berat kesebelas emerald tersebut memiliki berat sekitar 500 karat.
Diceritakan bahwa tiara ini dulunya merupakan bagian dari koleksi pribadi Empress Eugenie. Dihadiahkan oleh Guido Count von Henckel kepada istri keduanya itu pada tahun 1900 sebelum diwariskan kepada Putri Katharina Henckel von Donnersmarck.
Tiara ini terjual $2 juta lebih mahal dari harga aslinya pada event Magnificent and Noble Jewels Sale di Sotheby's, yaitu senilai Rp. 152.400.000.000.
8. Gelang Heart of the Kingdom Ruby
Hasil karya dari salah satu perusahaan perhiasan tertua dan paling disegani di dunia, Garrard, ini adalah sebuah gelang yang dapat juga ditransformasi menjadi tiara.
Memiliki sebuah Ruby Burma besar berbentuk hati seberat 40,63 karat bertahta diatas taburan berlian senilai 155 karat.
Sebuah laboratorium di Swiss melaporkan telah melakukan verifikasi pada ruby ini dan memastikan kelangkaan serta keaslian batu mulia yang terpasang pada perhiasan seharga Rp. 168.000.000.000 ini.
7. Cincin Blue Diamond Bulgari
Setidaknya ada 3 alasan yang menyebabkan cincin yang memiliki 2 berlian dari Bulgari ini menjadi tiada duanya dan berimbas pada nilai jualnya yang selangit.
Pertama, adanya berlian berwarna vivid blue yang berbentuk segitiga dengan berat 10,95 karat.
Kedua, berlian lainnya yang bening dengan bentuk segitiga identik yang memiliki berat 9,87 karat.
Ketiga, cincin ini merupakan karya asli Bulgari yang dibuat pada tahun 1972.
Cincin indah ini semakin dikuatkan pamornya dengan laporan resmi terbitan oleh Gemological Institute of America yang menyatakan bahwa kedua berlian pada cincin ini memiliki berat, tingkat kejernihan, warna dan tanpa cacat sedikitpun.
Cincin produksi perusahaan perhiasan yang didirikan oleh Sotirios Voulgaris pada tahun 1884 ini memiliki harga tak kurang dari Rp. 188.400.000.000.
6. Cincin Blue Diamond Chopard
Berlian biru merupakan batu mulia yang sangat langka dan paling dicari di industri perhiasan. Dan mahakarya Chopard ini merupakan yang terbaik dari semua berlian biru yang pernah ada.
Cincin ini memiliki sebuah berlian biru tanpa cacat berbentuk oval yang diapit oleh 2 berlian bening berbentuk segi tiga terpasang pada rangka yang terbuat dari emas putih 18 karat.
Karya perusahaan perhiasan asal Swiss ini berharga Rp. 195.120.000.000.
5. Kalung Heart of the Ocean Diamond
Mungkin kalung ini adalah perhiasan yang paling mudah dikenal karena merupakan replika dari kalung yang digunakan oleh tokoh Rose di film fenomenal, Titanic. Siapa yang tidak ingat pada adegan ketika Rose digambar tanpa mengenakan sehelai benangpun dengan kalung ini melingkari lehernya.
Kalung Heart of the Ocean Diamond diciptakan oleh Harry Winston dengan bertahtakan sebuah berlian biru seberat 15 karat. Kalung ini merupakan benda paling mahal yang pernah dikenakan pada perhelatan Academy Awards ketika aktris Gloria Stuart, pemeran Rose tua dalam Titanic mengenakannya pada perhelatan itu di tahun 1998.
Walaupun hanya merupakan sebuah replika, pada sebuah lelang kalung ini mampu terjual seharga Rp. 240.000.000.000.
4. Cincin The Perfect Pink
Berlian memang mahal. Namun berlian berwarna berharga jauh lebih mahal. Cincin berlian Perfect Pink ini memperoleh namanya dari berliannya yang berwarna merah muda sempurna.
Berlian yang dipotong berbentuk persegi empat dengan berat 14,23 karat ini diapit oleh 2 berlian bening sempurna dikedua sisinya dengan berat masing-masing 1,73 dan 1,67 karat yang terpasang diatas rangka berbahan emas putih 18 karat.
Harga cincin ini berada di kisaran Rp. 278.400.000.000.
3. Berlian Wittelsbach-Graff
Berlian biru yang sangat indah ini memiliki sejarah dengan banyak kisah unik. Berdasarkan pelacakan berlian ini berasal dari sebuah tambang di kerajaan India, Golkonda.
Menurut sejarah, berlian ini kemudian dibeli oleh raja Spanyol, Philip IV sebagai mahar pernikahan putrinya. Entah kisah ini benar atau tidak, berlian ini kemudian menjadi milik keluarga Habsburg kemudian berpindah tangan ke keluarga Wittelsbach dari Bavaria.
Dalam keluarga Wittelsbach, berlian ini diwariskan turun-temurun hingga tahun 2008 dimana Laurence Graff, seorang pengusaha perhiasan berlian dari Inggris membelinya dan memotong berlian ini menjadi 3 bagian untuk mengeliminasi cacat yang terdapat padanya.
Maka tersisalah sebuah berlian biru tanpa cacat seberat 4 karat dengan nama Wittelsbach-Graff yang memiliki banderol sebesar Rp. 291.600.000.000.
2. Bikini Berlian
Inilah bikini termahal yang ada di dunia. Tampil pertama kali pada tahun 2006 pada majalah Sports Illustrated Swimsuit edisi bikini dan dikenakan oleh supermodel Molly Sims.
Bikini yang dirancang oleh Susan Rosen dan Steinmetz Diamonds ini bertahtakan sejumlah berlian dengan berat total lebih dari 150 karat yang terangkai pada rangka berbahan platina.
Harga bikini ini membuat peminatnya harus merogoh kocek sedalam Rp. 360.000.000.000.
1. Berlian The Graff Pink
Hanya sedikit yang diketahui tentang darimana berlian pink yang sangat langka dan memiliki bobot 24,78 karat ini berasal.
Yang pasti, berlian ini dibeli oleh pengrajin berlian terkenal asal Amerika Serikat, Harry Winston yang kemudian terjual pada sebuah lelang dan dibeli oleh kolektor sekaligus perancang perhiasan terkenal lainnya yaitu Laurence Graff.
Harga dari berlian yang disinyalir sebagai yang terbaik dari semua berlian yang pernah ditemukan ini adalah Rp. 55.440.000.000.

Related Posts

10 Perhiasan Termahal
4/ 5
Oleh