Senin, 16 Februari 2015

5 Hidangan Termahal di Dunia


VIVAlife - Makanan yang dulunya kebutuhan hidup, kini menjadi gaya hidup. Hal itu kemudian membuat para koki di seluruh dunia menantang diri sendiri, berlomba menciptakan hidangan mewah dengan harga selangit.

Harganya pun fantastis, mulai dari puluhan juta hingga miliaran rupiah. Jangan salah, walaupun harganya mahal, hidangan-hidangan itu laris manis di kalangan kaum jet-set. Ini terbukti dari fakta, bahwa beberapa hidangan mahal itu perlu dipesan jauh-jauh hari, sebelum bisa dinikmati. Dikutip dari Daily Mail, berikut 10 hidangan termahal di dunia tersebut.

Puding cokelat

Siapa yang tidak menyukai puding cokelat? Hidangan penutup sederhana ini dijual dengan harga selangit oleh restoran di Lindeth Howe Country House Hotel, Inggris. Di restoran ini, puding dibentuk menyerupai telur faberge dan disajikan dalam beberapa lapis, dengan jelly champagne serta kaviar. Untuk garnisnya, puding seharga $35.000 atau Rp426,6 juta itu, dihias berlian. Untuk menyantapnya, pengunjung harus memesan meja di restoran setidaknya dua minggu sebelumnya.

Bagel
Santapan favorit warga New York, Amerika Serikat ini biasa disantap sebagai menu sarapan, dengan krim keju dan berbagai jenis topping. Namun di Westin Hotel, New York, terdapat menu bagel spesial, dengan deretan topping mewah nan lezat. Mulai dari daging ikan salmon asap, kaviar, jamur truffle putih truffle, krim keju dan riesling jelly yang diinfus goji berry. Tak berhenti sampai di situ, sang koki juga menambahkan garnis selembar daun yang dilapisi emas. Bagel seharga $1.000 atau lebih dari Rp12 juta itu, dijual untuk membantu penggalangan dana Beasiswa Les Amis d'Escoffier, bagi siswa kurang beruntung yang ingin memelajari seni kuliner.

Es krim
Sebagai salah satu hidangan favorit masyarakat dunia, es krim memiliki beragam jenis dan varian rasa. Salah satu yang paling digemari, es krim sundae yang bercita rasa susu. Di restoran Serendipity 3 di New York, es krim itu disulap menjadi hidangan penutup super mewah, yang dibuat menggunakan vanila dari Tahitia dan biji vanili Madagaskar.
Sundae ini juga diberi potongan cokelat Chuao langka dari Venezuela, serta ditaburi salah satu jenis cokelat termahal di dunia, yakni Amedei Porcelana. Terakhir, es krim itu dihias sesendok kaviar, almond lapis emas, truffle cokelat, ceri marzipan dan daun lapis emas 23 karat yang dapat dimakan. Tak heran jika es krim mewah tersebut dihargai $1.000 atau lebih dari Rp12 juta. Belum lagi ditambah dengan mangkuk penyajiannya yang terbuat dari kristal Baccarat dan sendok emas 18 karat.

Telur dadar
Restoran Norma di New York juga pernah menyajikan menu hidangan termahal di dunia. Menu ini berupa telur dadar Italia yang disebut frittata. Toppingnya begitu lezat, yakni daging lobster segar dan 10 ons kaviar sevruga, ditambah krim yang membuatnya kaya rasa. Untuk membuat frittata seharga $1,000 atau lebih dari Rp12 juta ini, dibutuhkan kurang lebih enam telur ayam untuk membuatnya.

Pizza
Beberapa tahun lalu, sebuah restoran di Malta, bernama Margo Pizzeria pernah dicatat rekor dunia karena menjual pizza termahal di Bumi. Pizza gourmet seharga $2,420 atau sekitar Rp29,5 juta itu, terdiri dari roti tipis dengan topping keju mozzarella yang terbuat dari susu kerbau, jamur truffle putih, dan ditaburi daun lapis emas 24 karat yang dapat dimakan. Jadi, dari lima makanan tadi, mana yang paling cocok dengan kantong Anda?  

Related Posts

5 Hidangan Termahal di Dunia
4/ 5
Oleh