Selasa, 24 Februari 2015

5 Langkah untuk lindungi kesehatan jantung


Penyakit jantung adalah salah satu penyakit berbahaya yang merupakan pembunuh kedua di seluruh dunia. Karena itu, menjaga kesehatan jantung adalah langkah penting yang harus dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi kesehatan jantung.

Berikut adalah beberapa langkah sehat yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung, seperti dilansir oleh Live Strong (17/02).

1. Berhenti merokokMerokok adalah salah satu faktor terbesar yang bisa merusak jantung. Berhenti merokok, karenanya, adalah salah satu langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan jantung sehat. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa berhenti merokok bisa menurunkan risiko serangan jantung lebih dari 30 persen.

2. Lakukan diet mediteraniaPenelitian mengungkap bahwa melakukan diet mediterania bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan risiko kematian. Diet mediterania kaya akan biji-bijian, buah, sayuran, kacang, ikan, dan produk rendah lemak. Beberapa komposisi kunci dari diet mediterania adalah kacang tanah, minyak zaitun, buah zaitun dan wine merah secukupnya. Diet ini diketahui bisa mencegah serangan jantung dan menjaga kesehatan jantung.

3. OlahragaSudah bukan rahasia lagi bahwa berolahraga akan membantu menjaga jantung tetap sehat. Setidaknya cobalah berolahraga setengah jam, tiga kali seminggu. Meski sebentar, namun olahraga ini bisa memberikan dampak baik untuk kesehatan jantung Anda. Hati-hati juga jangan sampai olahraga berlebihan.

4. Perhatikan lemak tubuhPerhatikan berat badan dan jumlah lemak dalam tubuh Anda. Penumpukan lemak, terutama di bagian perut, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Obesitas juga bisa menjadi salah satu faktor risiko terkena penyakit jantung. Jadi selalu perhatikan berat badan Anda. Jangan sampai kelebihan berat badan dan membiarkan lemak menumpuk pada tubuh.

5. BersosialisasiFaktor psikologis juga memiliki peran penting dalam kesehatan jantung. Karena itu, perhatikan juga kesehatan mental Anda. Stres, kecemasan, dan depresi bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Begitu juga dengan jarang bersosialisasi. Sementara itu, rajin bersosialisasi, dengan teman, keluarga, dan kolega, bisa menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung.

Serangan jantung dan stroke tak hanya dipicu oleh satu faktor, melainkan juga berbagai faktor yang saling berkaitan. Semakin banyak faktor risiko yang dimiliki, semakin tinggi juga mengalami risiko penyakit jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung Anda, lakukan lima langkah di atas!

Sumber : kabarmaya.com

Related Posts

5 Langkah untuk lindungi kesehatan jantung
4/ 5
Oleh