Sabtu, 26 Desember 2015

5 Alat Komunikasi Ini Sudah Hilang Ditelan Zaman

Teknologi komunikasi terus berkembang dari waktu ke waktu. Alat komunikasi yang diciptakan membuat komunikasi lebih cepat, lebih mudah diakses dan lebih efisien. Inilah yang membuat beberapa alat komunikasi yang dulu pernah populer hilang ditelan zaman. 

Beberapa alat komunikasi berikut ini, dahulunya sangat berjasa membantu proses komunikasi. Namun kini keberadaanya sudah dilupakan dan bahkan sulit untuk ditemukan. 

1. Merpati
Merpati merupakan alat komunikasi yang sudah digunakan sejak zaman sejarah, terutama saat zaman Romawi kuno. Bangsa ini dahulu menggunakan utusan merpati untuk membantu militer mereka sejak lebih dari 2000 tahun yang lalu. 

Burung ini dahulu sangat  efektif sebagai utusan karena kemampuan homing alami mereka. Untuk dapat mengirim pesan, merpati harus dilatih terlebih dahulu agar dapat menjalankan tugasnya. 

Saat ini merpati pensiun menjalankan tugasnya dalam mengantar pesan. Mereka kini diggantikan oleh 'burung biru' alias twitter yang bisa menyampaikan pesan begitu cepat. 

2. Telegram
Telegram merupakan alat komunikasi untuk mengirimkan pesan yang berisi kode-kode. Pesan yang berupa kode ini kemudian ditransmisikan dengan sebuah alat yang disebut telegraf. Kode-kode sederhana itu disebut dengan kode Morse, sesuai dengan nama penemunya.

Walaupun sekarang sudah tidak digunakan lagi dalam komunikasi sehari-hari, kode morse masih tetap digunakan di dunia pelayaran, militer, dan kondisi darurat untuk meminta bantuan

3. Pager
Dahulu memiliki sebuah pager adalah sebuah kebanggaan. Namun alat ini kian menghilang seiring kemunculan handphone. Pager  sebenarnya bukan alat komunikasi antar dua arah layaknya sms. Untuk dapat mengirim pesan ke tujuan, kamu harus menghubungi operator, dan kemudian menyampaikan pesan kepada operator yang akan diteruskan kepada nomor pager yang dituju. 

Sangat ribet bukan? Tidak terbayang bagaimana numpuknya pekerjaan operator dalam sehari jika semua orang saat itu memiliki pager. Kehadiran handphone dengan bermacam macam aplikasi untuk mengirim pesan membuat peger semakin dilupakan. 

4. Telepon Umum
Saat ini sangat sulit untuk menemukan telepon umum. Padahal dahalu alat komunikasi ini merupakan salah satu primadona yang sering digunakan untuk berkomunikasi. Menggunakannya cukup dengan koin pecahan 50, 100, dan 500 atau menggunakan kartu telepon magnetik atau chip. Kini keberadaannya sudah digantikan dengan handphone yang pastinya bisa dimana-mana dan bisa digunakan kapan pun dan dimanapun. 

5. Surat Bis
Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali kalian membuat kartu ucapan selamat, atau menulis surat untuk sahabat? Mungkin sudah sangat lama, atau bahkan diantara kalian ada yang tidak pernah melakukan hal ini. 
Saat ini orang lebih banyak memilih mengirim surat atau undangan lewat sms, facebook, twitter atau sosial media yang sudah berkembang sangat pesat. 

Nah jadi ingat lagi kan apa saja alat komunikasi yang dulu pernah anda gunakan dan yang kini anda lupakan? Saat ini akan sangat sulit mendapatkan alat-alat di atas karena keberadaaanya sudah tergantikan. Akankan alat komunikasi yang ada saat ini nantinya juga akan terganti? kita tunggu saja nanti.

Related Posts

5 Alat Komunikasi Ini Sudah Hilang Ditelan Zaman
4/ 5
Oleh