Sabtu, 26 Desember 2015

6 Manfaat Minta Maaf dan Memaafkan

Ada banyak situasi dalam hidup dimana orang terhasut menjadi marah. Jika anda marah terhadap seseorang yang menggangu dan akhirnya harus bertengkar dengannya, ada banyak hal yang bisa dicapai dengan kata maaf.

Para ahli telah menyadari bahwa memaafkan dan melupakan merupakan salah satu mekanisme pertahanan. Kedua hal ini merupakan sumber daya penyembuhan yang tidak terakses dan yang  paling tidak dipahami. Berikut ini manfaat minta maaf dan memberi maaf
1. Jika orang menyadari kesalahannya, tetapi tidak mengerahkan keberaniannya untuk minta maaf, Ia sama sekali tidak akan mendapatkan manfaat. Sebaliknya, Ia akan dihantui perasaan bersalah. Dengan meminta maaf atau memaafkan, maka bisa melepaskan perasaan bersalah tersebut. 

2. Dalam hubungan yang tegang, hidup kedua belah pihak bisa diwarnai stres, Sebuah permintaan maaf bisa memberikan kebahagiaan baru pada dua belah pihak. 

3. Pemberian maaf mematahkan cengkraman rasa sakit pada pikiran kita dan membuka pintu bagi berbagai kemungkinan baru. Sebuah awal baru bisa muncul dari luka lama. 

4. Pemberian maaf mengubah sikap bermusuhan menjadi sikap membantu dan mengangkat semangat orang yang memaafkan serta yang dimaafkan. 

5. Kata orang, hal terpenting dari memafkan adalah cinta, dan pemberian maaf terbaik dilakukan kepada orang-orang yang kita sayang dan telah melukai kita. Pemberian maaf dalam kasus ini sangat efektif dalam memperbaharui persahabatan, perkawinan dan karir. 

6. Kebencian dan balas dendam mengganggu keselarasan seluruh keluarga. Kebencian entah pasif atau pasif, adalah keganasan yang tumbuh, menggerogoti anda dari dalam serta terus mengeluarkan zat-zat berbahaya yang memicu berbagai penyakit. Balas dendam hanya akan membentuk lingkaran balas dendam yang tiada akhir. Lepaskanlah, dan mulailai untuk belajar meminta maaf dan memaafkan. 

Meminta maaf maaf adalah perwujudan cinta, kebaikan dan rasa sayang yang tidak egois, tanpa pamrih dan tidak menyalahgunakan. Sedangkan memaafkan adalah melupakan, tidak membahasnya lagi dan itu berarti sembuh. Semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

Related Posts

6 Manfaat Minta Maaf dan Memaafkan
4/ 5
Oleh