Minggu, 29 Mei 2016

Ini Penyebab Bau Hujan yang Khas

Bau hujan turun di musim kemarau sangat khas. bau khas itu kadang dinamai bau tanah basah. baunya mirip bau hutan segar. sebenarnya bau tanah basah tidak hanya terjadi gara-gara hujan lo. ketika kita menyiram tanah kering, bau tanah basah juga akan tercium. jadi apa sebenarnya bau tanah basah tersebut?
Asal usul bau tanah basah itu begini. ada bakteri yang hidup di tanah. namanya bakteri actinomycetes. bakteri adalah makhluk hidup yang super kecil. bakteri tidak bisa dilihat mata telanjang. bakteri hanya bisa dilihat dengan mikroskop.

Bakteri tersebut hanya hidup di air. saat tidak ada air, bakteri tersebut berubah wujud menjadi spora yang menyerupai kantong tidur bagi bakteri. bakteri tidur nyenyak di dalam kantong spora tersebut. bakteri baru bangun lagi atau hidup kembali jika mendapat air.
actinomycetes
Nah, karena ukuran bakteri super kecil, maka tetes air hujan mirip bola raksasa bagi bakteri. begitu tetes air menyentuh tanah, spora bakteri berhamburan di udara. Pyaaaar!!! sebagian spora tersebut mengenai hidung kita. oleh karena itu, hidung kita dapat mencium bau khas hujan. itulah bau tanah basah. jadi bau tanah basah sebenarnya adalah bau bakteri actinomycetes.

Related Posts

Ini Penyebab Bau Hujan yang Khas
4/ 5
Oleh