Minggu, 26 Juni 2016

10 Makanan Hidup Paling Menakjubkan di Dunia


Frog Sashimi.
Ada banyak makanan lezat yang terbuat dari daging mentah sebagai bahan utamanya. Di antaranya adalah carpaccio, hoe, sushi, steak tartare dan masih banyak yang lainnya yang melibatkan daging atau ikan mentah.
Namun para chef sepertinya berpikir terlalu jauh dengan menempatkan makhluk hidup seperti hewan untuk disajikan langsung di atas piring. Tentu saja hewan-hewan tersebut masih menggeliat dan bergerak-gerak di atas piring. Dan berikut ini ada 10 jenis makanan hidup yang paling menakjubkan. Apakah Anda berani untuk mencobanya?
1. Ying Yang Yu.
Konsep China 'yin-yang' atau kekuatan berlawanan diterapkan untuk konsep hidangan ini, yang artinya "ikan mati dan hidup". Ying yang yu digoreng kecuali bagian kepala. Ikan ini disajikan dengan saus manis dan asam, hidangan ini benar-benar hidup di dalam, kepalanya bergerak dan menggeliat-geliat. Hidangan ini dimasak dengan cepat dan cukup kejam dengan jeroan mentah di dalamnya.
2. Ikizukuri.
Ini merupakan bentuk lain dari sashimi, tapi ikizuri menggunakan ikan. Ikizuri secara harfiah berarti "siap hidup". Konsumen dapat memilih sendiri ikan yang ia ingin makan dari tangki. Ikan disajikan hidup-hidup beserta isi perutnya kemudian di potong-potong. Sebagian besar ikan disajikan utuh menyertakan seluruh bagian ikan, dan ketika dimakan, Anda akan melihat jantungnya masih berdetak dan mulut yang masih bergerak untuk bernapas.
3. Sannakji.
Ini merupakan hidangan yang berasal dari Korea, bahan utama makanan ini adalah gurita atau nakji. Gurita yang berukuran kecil langsung disajikan utuh atau bagian tentakelnya dipotong, tetapi tetap guritanya masih dalam keadaan hidup dan langsung disajikan di atas piring. Kadang, gurita bayi langsung dibumbui dengan minyak wijen dan benihnya langsung dihidangkan.
4. Frog Sashimi.
Untuk hidangan Jepang yang satu ini, katak hidup dipotong dan diletakkan di atas piring dengan es batu. Sedikit sashimi diiris dan sisanya direbus untuk sup. Bayangkan, potongan kaki katak yang masih ada kulitnya dengan isi perutnya yang masih bergerak langsung ditaburi garam. Sementara sebagian besar potongan lain dalam kedaan mati dan yang tetap dipertahankan hidup adalah bagian jantung katak yang masih berdetak ketika disajikan di atas piring. Seluruh bagian kepalanya juga disajikan utuh beserta kulitnya.
5. Sea Urchins dan Oysters (Bulu Babi dan Tiram).
Makanan yang satu ini memang tidak bergerak, tetapi mereka masih dalam keadaan hidup. Orang-orang tidak menyadari bahwa mereka telah menelan sesuatu yang hidup ketika banyak bulu babi hidup yang menempel pada tiram yang mereka makan. Di Italia, bulu babi atau mereka menyebutnya dengan ricci di mare merupakan makanan yang populer, begitu juga dengan tiram yang terkenal di dunia.
6. Odori Ebi.
Ini merupakan hidangan lain dari udang, sashimi Jepang ini terdiri dari satu bayi udang dan dihidangkan dalam satu porsi. Udang dikupas dan kadang kepalanya dibuang. Makanan ini kemudian digoreng tetapi bagian kakinya tetap dibiarkan hidup dan bergerak. Kemudian makanan ini dicelupkan ke dalam sake yang memabukkan agar lebih mudah untuk dimakan. 
7. Drunken Shrimp.
Makanan ini menjadi hidangan utama di China, sekitar 10 udang dewasa disajikan dengan semangkuk baijiu, yaitu minuman yang memiliki kadar alkohol sekitar 40-60 %. Jika akan dimakan, mereka harus menangkap udang yang masih melompat-lompat dalam cairan baijiu dan langsung dimasukkan dalam mulut. Udang tersebut mungkin akan terus bergerak di dalam mulut sampai akhirnya dikunyah dan mati.
8. Noma Salad (Salad Semut).
Denmark’s Noma, merupakan salah satu dari 50 restoran terbaik di dunia. Makanan ini dibanderol dengan harga US$300. Semut dibekukan agar mereka bergerak lebih lambat dan mereka menambahkan crouton untuk mendapatkan tekstur renyah untuk saladnya. Semut-semut tersebut merangkak di atas daun selada dan rasanya seperti serai dan kayu manis.
9. Jumiles dan Chumiles Tacos.
Makanan ini berasal dari serangga dengan bau busuk dan sering dimakan hidup-hidup. Chumiles memiliki ukuran lebih kecil dari jumiles dan memiliki rasa lebih kuat dari jumiles. Tapi keduanya sangat tinggi yodium. Serangga ini umumnya hidup di bawah batu dan merupakan makanan khas Meksiko terutama di wilayah Taxco. Mereka sering dikonsumsi hidup-hidup dengan menambahkan tacos, salsa, guacamole atau saus lainnya untuk menjaga mereka berjalan di piring.
10. Casu Marzu.
Makanan ini menggunakan keju sardinian atau biasa disebut casu marzu. Tempat pembuatan keju ini dilarang untuk dikunjungi, alasannya belatung melompat-lompat setinggi 6 inci. Selama dekomposisi keju, larva lalat dimasukkan dalam keju untuk mengencerkan lemak ketika dimakan yang membuatnya jadi lebih lembut dan berbau.
Ada makanan hidup lainnya, seperti belatung dan serangga yang dimakan dengan tujuan untuk petualangan kuliner. Dalam budaya barat, otak monyet hidup atau gorila sering mereka sajikan untuk masakan, tapi tidak dengan makanan yang disebutkan di atas yag masih hidup dan menendang, meskipun kebenaran akan hal ini masih diperdebatkan. 
Pada awalnya, menu hewan hidup mulai ada saat restoran ingin membuktikan kesegaran masakan mereka. Memakan hewan hidup bukanlah hal yang sehat, karena banyak kuman yang dibawa makhluk tersebut jika tidak memasaknya terlebih dahulu. Selalu ada kemungkinan keracunan makanan atau reaksi dalam tubuh yang bisa sangat berbahaya.

Related Posts

10 Makanan Hidup Paling Menakjubkan di Dunia
4/ 5
Oleh