Minggu, 26 Juni 2016

5 kehidupan di Jepang Yang Harus Kamu Siap


Apa yang bikin ga asyik tinggal di Jepang?
Dan sekali lagi gue tegaskan bahwa ini versi gue yaa.
1. Biaya hidup tinggi
Kebetulan gue kuliah di daerah Tokyo yang udah terkenal dengan biaya hidupnya yang tinggi. Sebagai mahasiswa yang hidupnya bergantung kepada kiriman beasiswa,maka mau ga mau harus pintar untuk berhemat. Mana kiriman sering telat lagi datangnya. Menambah suasana semakin dramatis dan horror saja . Jadi demi bisa berhemat dengan uang beasiswa yang pas-pasan itu, gue putuskan tinggal di daerah Saitama. Gw rela deh musti nempuh perjalanan 1,5 jam dari apato ke kampus demi memotong pengeluaran untuk sewa apato. Trus ga bisa juga untuk jajan seenaknya di restoran setiap saat kayak di Indonesia karena ya mahal. Jadi mending masak sendiri trus bawa bekal. Orang jepang juga begitu loh. Ga heran lah kalo ngeliat bapak-bapak pake jas tapi nenteng tas bekal ke kantor. Dan yang paling bikin sakit di dompet itu adalah ongkos kendaraan umum. Mehong boook. Tiap hitung pengeluaran sepulang dari jalan-jalan pasti bawaannya pengen cakar-cakar tembok. Menangis meratapi dompet yang menipis hanya gara-gara jalan di sekitaran Tokyo doank .
2. Kaku
Sebagai penikmat komik, bayangan gue mengenai orang Jepang sebelum kesini adalah ekspresif seperti di komik. Yang udah pernah baca komik Jepang pasti tau lah ya gimana lebaynya ekspresi tokoh komiknya. Nangis aja, air matanya ampe mengalir kayak sungai hahahahah. Tapi pas nyampe kesini, buyarlah itu imajinasi gue. Ternyata mereka kaku sekali donk. Mereka baru ekspresif kalo udah mabok hehehehe. Gue tuh suka heran kalo liat mbak-mbak resepsionis disini bisa duduk tegak posisi sempurna dengan ekspresi lempeng. Apa ga pegel dan bosan? Gue kadang ngerasa mereka seperti robot aja. Kalo ngobrol ama temen kampus yang Jepang, gue jadi sungkan dan ga lepas. Beda kalo pas ngobrol ama international student, gue bisa lepas aja gitu hahahihi. Ya kalo orangnya kaku begitu, kita kan sungkan juga kan kalo mau becanda. Mereka kaku begitu mungkin karena ingin jaga image a.k.a jaim. Padahal gue yakin, dalam hati mereka pengen juga bisa bebas berekpresi. Jadi bisa aja yang digambarkan di komik itu adalah keinginan terpendam masyarakat Jepang namun susah mereka realisasikan di dunia nyata hahahaha. Mungkin mereka takut terlihat ga berwibawa dan ga serius. Ada sih beberapa temen Jepang yang asik becanda, tapi ya itu karena mereka dah sering ke luar negeri. Tapi lucunya, ada temen Jepang yang ampe nanya pas ngeliat temen gue itu ngobrol asik dan becanda gila. Orang itu nanya, “dia beneran orang Jepang ya?”. Astaga maaak..segitu anehkah bagi mereka ngeliat orang Jepang yang fleksible .
3. Tertutup
Nah selain kaku dan jaim, mereka ini tertutup juga. Apalagi ama orang asing ya. Kalo orang Indonesia kan kalo ngeliat bule malah di deketin ya. Bahkan artis aja mepet-mepet minta dipacarin hahahahaha. Tapi kalo orang Jepang, prefer untuk menghindar. Trus ga gampang untuk kita bisa main ke rumah orang Jepang. Kecuali kalo dah deket banget dan dipercaya. Karena rumah bagi mereka itu area private. Ada tuh temen yang istrinya orang Jepang. Pas gue undang main ke apato, dia sungkan gitu awalnya. Dia sering bilang, “ga apa2?” atau “ga ngerepotin?”. Beda ama kita yang malah seneng kalo ada temen yang main ke rumah atau sebaliknya.
4. Ga bisa berisik
Ini sumpah ga asik banget. Kalo di Indonesia, di kendaraan umum kita bebas aja kan ya mau ngobrol ama temen. Ketawa ketiwi tanpa perlu khawatir ada orang yang merasa terganggu. Nah kalo disini ga bisa. Kegiatan orang Jepang kalo di kendaraan umum adalah main HP, tidur, atau baca buku. Jarang ada yang ngobrol. Kalo pun ngobrol harus bisik-bisik. HP pun musti di silent. Trus sebisa mungkin jangan nerima telepon di kendaraan umum. kalo terpaksa, maka sekali lagi harus bisik-bisik. Kalo ga gitu, ya siap-siap aja diliatin dengan pandangan ga enak . Bahkan denger suara anak kecil nangis aja, kerasa loh aura mereka ga sukanya. Kalo sebentar aja nangisnya masih toleran, tapi kalo lama gitu, gue bisa melihat ekspresi mereka merasa terganggu. Dalam bayangan gue, di hati mereka bilang “iih itu orang tuanya ga becus deh, masak ga bisa tenangin anaknya..berisik tauuu”. Trus di apato pun begitu. Apalagi tetangga gue kebanyakan kakek nenek, jadi ya harus menjaga ketenangan. Mati gaya daaah .
5. Kurang hidup
Hidup disini memang nyaman ya. Tapi entah kenapa gue ngerasa kayak ada yang kurang. Rasanya tuh kurang hidup aja. Ya mungkin karena serba kaku, jaim dan tenang gitu kali ya. Aaah gue kangen dengan segala kedinamisan Indonesia yang bikin semuanya tampak hidup hahahaha. Gue juga ngerasa ikatan emosi antar manusia disini tuh sangat kurang. Ga heran kalo mereka jadi gampang stress dan kemudian bunuh diri. Karena menurut gue, ikatan perasaan dengan pasangan, keluarga, teman dan lingkungan itulah yang bikin hidup lebih hidup .
Ya itulah pendapat gue mengenai hal-hal yang bikin ga asyik tinggal di Jepang. Yang bikin gue selalu kangen Indonesia. karena bagi gue, sebaik-baiknya tinggal negara orang tetap tidak akan bisa menggantikan nyamannya rumah sendiri. Seperti kata pepatah “Hujan emas di negeri orang, hujan batu di negeri sendiri, baik juga di negeri sendiri”.
Tapi gue tetap harus bersyukur karena Allah SWT memberi kesempatan gue kesini. Banyak pengalaman berharga yang didapat. Semoga bisa menjadikan gue sebagai pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi sekitar..aamiin
7 Maret 2015
by: Uni Ella blog

Related Posts

5 kehidupan di Jepang Yang Harus Kamu Siap
4/ 5
Oleh