Jumat, 25 April 2014

Turunkan kolesterol dengan 5 makanan alami ini!

Turunkan kolesterol dengan 5 makanan alami ini!
Kolesterol adalah lemak steroid yang terdapat dalam darah. Kolesterol penting untuk meningkatkan fungsi semua membran sel dalam tubuh. Meski begitu, diet yang kaya kolesterol bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Untuk itu, penting mengontrol tingkat kolesterol dalam tubuh. Berikut adalah beberapa jenis makanan alami yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan tingkat kolesterol, seperti dilansir oleh Merdeka.com

1. Legume
Legume adalah makanan jenis kacang-kacangan seperti buncis, kacang, kedelai, dan lainnya diketahui memiliki serat yang sangat tinggi dan vitamin B. Nutrisi ini bisa melindungi jantung serta menurunkan tingkat kolesterol. Jika ingin menjaga tingkat kolesterol, tambahkan kacang-kacangan pada makanan Anda setiap hari.

2. Oat
Oat diketahui mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL). serat larut yang ada di dalamnya juga membantu penyerapan kolesterol pada aliran darah. Manusia membutuhkan setidaknya lima sampai 10 gram serat larut sehari untuk menurunkan kolesterol buruk. Oat bisa memberikan nutrisi tersebut untuk tubuh.

3. Kacang
Beberapa jenis kacang seperti almond, walnut, mede, dan kacang tanah diketahui bisa menurunkan tingkat kolesterol, berdasarkan banyak penelitian. Untuk menurunkan kadar kolesterol, tambahkan kacang pada diet Anda sehari-hari. Meski begitu, kacang juga mengandung banyak kalori, sehingga jangan konsumsi terlalu banyak atau terlalu sering.

4. Teh hijau
Sudah tak perlu ditanyakan lagi bahwa teh hijau memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Teh hijau mengandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Selain itu, teh hijau juga menurunkan kolesterol secara keseluruhan dan meningkatkan tingkat kolesterol baik (HDL). Minum setidaknya empat cangkir teh hijau sehari, namun juga perhatikan diet Anda.

5. Cokelat hitam
Cokelat hitam diketahui bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat orang yang memiliki risiko penyakit jantung. Namun pastikan untuk mengonsumsi tak lebih dari dua kotak cokelat hitam. Cokelat hitam mengandung banyak antioksidan dan bisa menyehatkan tubuh. Namun juga jangan konsumsi terlalu banyak karena kadar kalorinya yang cukup tinggi.

Itulah beberapa jenis makanan alami yang bisa membantu Anda menurunkan tingkat kolesterol. Menjaga tingkat kolesterol jahat tetap rendah akan menghindarkan Anda dari banyak penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

Related Posts

Turunkan kolesterol dengan 5 makanan alami ini!
4/ 5
Oleh