Minggu, 07 Desember 2014

10 Mantan Atlet Berpenghasilan Tertinggi

Pada masa aktifnya, seorang atlet profesional kelas dunia menikmati penghasilan selain dari gaji atau hadiah ketika mengikuti dan memenangi sebuah turnamen, juga limpahan uang yang datang dari para sponsor yang menggunakan image sang atlet untuk mewakili produk atau brand mereka.
Memasuki masa pensiun, tentu saja gaji atau uangdari hadiah turnamen tidak lagi menjadi sumber penghasilan seorang atlet. Untuk menyambung dan mempertahankan gaya hidup biasanya seorang atlet beralih profesi seperti menjadi pelatih, kritikus, berbisnis, dan lain-lain.
Namun ada sejumlah mantan atlet, terutama yang memiliki nama besar dan pantas disebut sebagai legenda dari cabang yang membesarkan nama mereka, masih memiliki sumber penghasilan yang sangat besar ketika mereka telah mundur dari dunia olahraga.
Berikut ini Klub Sepuluh merangkum nama-nama mereka dalam daftar 10 Mantan Atlet Berpenghasilan Tertinggi.
10. Pele
Legenda hidup sepakbola yang berasal dari Negeri Samba ini pensiun pada tahun 1977 setelah selama 2 musim membela klub New York Cosmos.
Memiliki nama lengkap Edson Arantes do Nascimento, Pele lahir di kota Três Corações, Brazil pada 21 October 1940. Memulai karirnya di sepakbola pada masa kanak-kanak dengan bermain untuk klub Bauru.
Namun ia lebih dikenal sebagai legenda klub Santos yang dibelanya selama 18 musim dengan torehan total 619 gol.
Pria yang berhasil membawa negaranya menjuarai ajang 4 tahunan Piala Dunia sebanyak 3 kali dan sekarang menjadi duta FIFA ini memiliki kontrak sponsorship dengan Procter & Gamble, Santander, Vivo, Volkswagen, Hublot, Carrefour, Subway dan Emirates airline yang memberikannya penghasilan $15 juta pertahun.
9. Greg Norman
Sepanjang karir profesionalnya, legenda golf berjuluk The Shark ini telah memenangi 91 turnamen di seluruh dunia dengan 20 diantaranya adalah gelar U.S. PGA Tour.
Pria kelahiran kota Mount Isa, Australia pada 10 February 1955 namun kini menetap di kota Hobe Sound, negara bagian Florida, Amerika Serikat ini pada masa mudanya menggeluti olahraga rugby dan kriket. Namun berkat pengaruh ibunya yang juga seorang pemain golf, pemilik nama lengkap Gregory John Norman ini akhirnya menggeluti golf dan memenangi gelar profesionalya pada tahun 1976.
Greg yang mundur dari dunia golf pada tahun 2012 memiliki beragam bisnis. Antara lain pabrik anggur, pakaian dan kacamata. Ia juga terikat kontrak dengan beberapa brand seperti Johnnie Walker, Omega, Sandals, Dow, Cobra Golf, Pacific Links dan Club Car.
Penghasilan mantan suami dari legenda tenis dunia, Chris Evert ini sebesar $16 juta pertahun.
8. Wayne Gretzky
Wayne Douglas Gretzky, demikian nama lengkap pria yang lahir di kota Brantford, negara bagian Ontario, Kanada pada 26 Januari 1961 yang merupakan mantan atlet dan pelatih hoki es profesional ini.
Semasa aktif sebagai pemain, Wayne tercatat pernah bermain bagi 5 tim yang tergabung di liga hoki es Amerika Serikat yaitu  Indianapolis Racers, Edmonton Oilers, Los Angeles Kings, St. Louis Blues, dan New York Rangers.
Pria berdarah Rusia dan pensiun sebagai pemain pada tahun 1999 ini memiliki usaha pabrik anggur dan ikatan sponsorship dengan merk-merk seperti Fairfax Capital, TD, Samsung, Breitling dan Bigelow yang memberikannya penghasilan pertahun sebesar $17 juta.
7. Gary Player
Legenda golf yang memiliki julukan The Black Knight ini lahir di kota Johannesburg, Afrika Selatan pada tanggal 1 November 1935.
Sepanjang karirnya ia telah memenangi 165 gelar. Bersama dengan 2 pegolf legendaris lainnya yaitu Arnold Palmer dan Jack Nicklaus, Gary dijuluki sebagai The Big Three karena ketiganya selalu mendominasi kejuaran-kejuaran bergengsi pada era mereka.
Gary yang pensiun pada tahun 2009 memiliki usaha perancangan lapangan golf yang saat ini tengah mengerjakan lebih dari 40 proyek di berbagai belahan dunia. Selain itu dia juga mengikat kerjasama dengan beberapa brand seperti Callaway, Rolex dan SAP yang memberikannya penghasilan sebesar $19 juta pertahun.
6. Shaquille O'Neal
Shaquille Rashaun O'Neal adalah seorang mantan mega bintang basket NBA. Ia lahir di Newark, negara bagian New Jersey pada 6 Maret 1972. Selain pernah menjadi bintang basket yang membela beberapa tim seperti Orlando Magic, Los Angeles Lakers, Miami Heat, Phoenix Suns, Cleveland Cavaliers dan Boston Celtics, pemilik 4 cincin juara NBA ini juga dikenal sebagai rapper dan sempat berakting dalam film layar lebar.
Shaq, demikian dia biasa dipanggil, memulai karir profesional di NBA setelah di-draft oleh Orlando Magic dari Louisiana State University pada NBA Draft tahun 1992 sebagai pilihan pertama. Pemain yang berposisi sebagai center ini mundur dari dunia basket pada tahun 2011.
Setelah pensiun, Shaq yang di sepanjang karir basketnya telah 15 kali terpilih pada ajang NBA All-Star dan membawa negaranya memenangkan medali emas dalam cabang basket pada Olimpiade Atlanta 1996 ini terjun pada bisnis sepatu dengan brand Shaq/Dunkman yang sukses terjual lebih dari 100 juta pasang di seluruh dunia.
Selain dari bisnis pribadinya itu, Shaq juga menjalin kerjasama dengan beberapa sponsor seperti IcyHot, Buick, Monster headphones, Macy's, Zales dan AriZona yang memberikan penghasilan total sebesar $20 juta pertahun.
5. Magic Johnson
Mantan bintang Los Angeles Lakers pada era 80an yang harus menghentikan karir gemilangnya setelah divonis terjangkit HIV pada tahun 1991 ini lahir di kota Lansing, negara bagian Michigan, dengan nama Earvin Johnson, Jr.
Pemilik 5 cincin juara NBA yang meraih medali emas bersama tim basket Amerika Serikat pada Olimpiade Barcelona tahun 1992 ini sempat menjadi host sebuah acara talkshow yang bernama The Magic Hour di stasiun Fox Network.
Insting bisnis Magic sangat tajam, hal itu terbukti ketika pada tahun 1998 ia memberikan ide kepada CEO dari franchise kedai kopi terkenal Starbucks, Howard Schultz, bahwa ia bisa sukses dengan membuka gerai-gerai Starbucks di daerah urban untuk menjangkau kaum minoritas. Setelah mampu meyakinkinkan Schultz tentang daya beli kaum minoritas, Magic bisa membeli 125 gerai Starbucks yang hasil penjualannya melebihi angka penjualan perkapita.
Setelah berjalan 12 tahun, Magic menghentikan kerja sama yang sukses itu pada tahun 2010 dengan menjual saham-sahamnya senilai $100 juta.
Magic memiliki Magic Johnson Enterprises yang membawahi beberapa perusahaan seperti Magic Johnson Productions, Magic Johnson Theaters, Magic Johnson Entertainment, dan lain-lain. Dengan usaha meliputi periklanan, rangkaian bioskop, perusaan film, asuransi, dan masih banyak lagi yang lainnya, Magic Johnson Enterprises bernilai $700 juta.
Magic yang juga memiliki saham pada tim baseball Los Angeles Dodgers dan tim basket wanita Los Angeles Sparks memiliki penghasilan $22 juta pertahun.
4. Jack Nicklaus
Legenda golf Amerika yang berjuluk "The Golden Bear" ini lahir di kota Upper Arlington, negara bagian Ohio pada 21 Januari 1940 dengan nama lengkap Jack William Nicklaus.
Sejak memulai karir profesionalnya pada tahun 1961, Jack telah memenangkan 73 gelar PGA Tour yang menempatkannya pada posisi ketiga pemain dengan gelar terbanyak pada kejuaraan itu.
Sebelum pensiun pada tahun 2005 ia mendirikan Nicklaus Design, sebuah perusahaan yang bergerak di perancangan lapangan golf dan telah mendesain lebih dari 380 ladang golf yang tersebar di 36 negara.
Penghasilan pria yang namanya masuk dalam daftar World Golf Hall of Fame pada tahun 1974 ini tak kurang dari $30 juta pertahun.
3. David Beckham
Suami dari mantan anggota Spice Girls, Victoria Adams ini lahir di London pada 2 Mei 1975. Memulai karir sepakbolanya bersama tim junior Tottenham Hotspur sebelum melambung ketika memulai karir profesional bersama Manchester United yang membuatnya meraih 6 gelar juara Liga Primer Inggris, 2 Piala FA dan Liga Champion Eropa pada tahun 1999.
Pemain yang terkenal dengan tehnik tendangan bebas dan model rambutnya yang modis ini pensiun sebagai pemain pada tahun 2013 setelah tercatat sebagai pemain Inggris pertama yang mampu memenangi gelar juara liga di 4 negara berbeda.
Dikaruniai wajah tampan, tubuh atletis dan kharisma, pemilik nama lengkap David Robert Joseph Beckham ini menjadi magnet bagi banyak brand ternama dunia untuk menjadikannya duta mereka bahkan setelah ia pensiun. Sebut saja merk-merk seperti Coty cologne, H&M, Sands, dan China Auto Rental merupakan sebagian kecil dari banyaknya kontrak sponsor yang mendatangkan penghasilan bagi Beckham sebesar $37 juta pertahun.
2. Arnold Palmer
Arnold Daniel Palmer lahir di kota Latrobe, negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat pada tanggal 10 Spetember 1929. Legenda golf yang dijuluki The King ini disebut-sebut sebagai pemain golf terhebat yang pernah ada.
Arnold memulai karir perofesionalnya pada tahun 1954 dan sepanjang sepak terjangnya dia telah memenangkan 95 gelar dengan 62 diantaranya didapat pada PGA Tour.
Pria yang bersama Jack Nicklaus dan Gary Player termasuk pada The Big Three ini pensiun dari ajang golf profesional pada tahun 2006.
Saat ini Arnold memiliki bisnis minuman dengan merk Arnold Palmer yang diproduksi oleh AriZona Beverage Co. Dia yang juga memiliki 400 toko di Asia yang menggunakan namanya dalam menjual produk-produk apparel dan barang-barang berbahan kulit memiliki penghasilan sebesar $40 juta pertahun.
1. Michael Jordan
Legenda klub basket NBA Chicago Bulls, Michael Jeffrey Jordan, disebut sebagai pemain basket terhebat sepanjang sejarah. Ini dibuktikan oleh pria yang lahir di Brooklyn, New York pada tanggal 17 Februari 1963 ini dengan raihan 6 cincin juara NBA.
Pemilik julukan Air Jordan ini memulai karir basket profesionalnya setelah dipilih Chicago Bulls pada NBA Draft 1984 dari North Carolina University sebagai pilihan pertama putaran ketiga. Michael pensiun total sebagai pemain basket profesional setelah membela klub Washington Wizards pada tahun 2003.
Michael memiliki brand sendiri yaitu Air Jordan yang diproduksi oleh raksasa apparel NIKE. Selain itu, kharisma dan nilai jual dari pria yang sempat berakting dalam film animasi Space Jam ini juga menarik minat merk-merk terkenal untuk menjadikannya duta mereka seperti Gatorade, Hanes, Upper Deck, Five Star Fragrances, 2K Sports dan Novant Health.
Penghasilan Michael yang juga memiliki 80&% saham klub basket Charlotte Bobcats ini tercatat senilai $90 juta pertahunnya.

Related Posts

10 Mantan Atlet Berpenghasilan Tertinggi
4/ 5
Oleh