Minggu, 23 Agustus 2015

10 Rumus Microsoft Excel Paling Umum Digunakan

Rumus Microsoft Excel Paling Umum Digunakan - Excel adalah aplikasi yang paling umum dipakai untuk bikin neraca keuangan, perincian biaya hingga beberapa hal yang rumit seperti analisis kelayakan usaha dsb. Dalam pemakaikan microsoft excel ini pasti tak lepas dari pemakaian rumus excel untuk mempermudah kita dalam mengkalkulasi angka-angka dengan cara cepat serta Akurat. Kesempatan ini Autada cuma bakal menuturkan sedikit perihal rumus excel yang paling umum dipakai baik oleh mahasisawa, karyawan perusahaan atau bahkan juga yang memiliki perusahaan (wiraswasta).

Rumus Excel bisa berperan bila terlebih dulu dengan diawali sinyal " = " (sama juga dengan), umpamanya bila kita mau menjumlahkan 5 + 5 jadi di dalam cell excel itu kita ketikkan " =5+5 " lantas tekan Enter jadi automatis cell itu tunjukkan hasil penjumlahan itu yakni " 10 " (Sepuluh). Begitupun untuk rumus excel yang lain seperti perkalian dengan sinyal " * " (bintang) Pengurangan dengan sinyal " - " (minus), pembagian dengan sinyal "/" (garis miring), penjumlahan (sum), pengecualian (if) serta lain sebagainya mesti dengan diawali sinyal " = " (sama juga dengan).
Gambar 1. Penjumlahan dengan +
Tetapi untuk rumus excel yang memakai huruf seperti sum, if, sumif, average, lookup dsb terkecuali mesti dengan diawali sinyal " = " juga ditambahkan sinyal buka kurung " (" sesudah kata rumus excel, serta tutup kurung ") " untuk mengakhiri sumber data. Misalnya 
=SUM (A1 : A5)
Penjumlahan Excel rumus SUM
Gambar 2. Penjumlahan keseluruhan dari awal sampai akhir
Baiklah untuk mempersingkat saat mari kita simak Rumus Microsoft Exel yang Paling Umum Dipakai : 
1. Rumus Excel SUM (Penjumlahan)
Penjumlahan dengan memakai excel terkecuali dapat kita pakai dengan + (plus) dapat pula kita pakai rumus excel sum untuk menjumlahkan semua data dengan cepat. Dengan memakai sum jadi Anda dapat menjumlahkan data dengan cepat dari mulai satu data sampai beberapa ribu data, cukup masukkan urutan pertama serta paling akhir saja umpamanya spt gambar di atas, data mulai A1 hingga A5 jadi yang dimasukkan cuma A1 : A5 yang dipisahkan dengan sinyal " : " (titik dua), tetapi bila Anda mau pilih dengan cuma sebagian cell saja yang mau dijumlahkan jadi pisahkan dengan sinyal " ; " (titik koma), seperti gambar berikut ini.
Penjumlahan Excel rumus SUM
Gambar 3. Penjumlahan dengan sum namun terlipilih
TIPS : Langkah gampang pilih cell yang mau dijumlahkan yaitu dengan terus menghimpit Ctrl pada keyboard sembari meng-klik cell yang mau diambil, bila telah usai pilih cell lalu terlepas Ctrl pada keywoard. 
2. Rumus Excel IF (Pengecualian)
Rumus excel IF digunakan untuk menghadirkan sebagian kemungkinan nilai atau hasil sesuai sama keadaan spesifik. 
Bentuk Umum dari manfaat IF yaitu : 
=IF (logical_test ; value if true ; value if false) 
Adapun Langkah memakai perhitungan dengan memakai rumus IF yaitu : 
Tetapkan kelompok/batasan untuk satu keadaan dengan sebagian alternative keadaan. Misal bila mahasiswa memiliki nilai semakin besar dari 90 memperoleh nilai A, bila nilai semakin besar dari 80 memperoleh nilai B, bila nilai semakin besar dari 70 jadi memperoleh nilai C demikian selanjutnya.
penggunaan rumus excel IF
Gambar 4. penggunaan rumus excel IF
Dengan lihat gambar 4 di atas jadi ketikkan di cell C2 seperti misal berikut ini : 
=IF (B2=90 ; " A " ; IF (B2=80 ; " B " ; IF (B2=70 ; " C " ; " "))) 
Rumus excel IF juga umum dipakai untuk menyingkirkan pesan error pada cell yang kosong atau belum ada data sumbernya, umpamanya bila kita bikin rumus =A1/B1 pada cell C1 sesaat pada cell A1 atau B1 belum ada datanya jadi umumnya cell C1 bakal tampak error seperti #DIV/0!, #N/A, #NAME serta yang lain.
rumus excel error
Gambar 5. rumus excel error
Jadi untuk menyingkirkan pesan error pada cell C1 itu jadi gabungkan rumus IF dengan rumus inti yang disebut di atas, jadi rumusnya jadi : 
=IF (OR (A10 ; B0) ; A1/B1 ; " ") 
Info : 
  1. Rumus excel IF bisa pula dipadukan dengan sebagian rumus logika yang lain seperti OR, AND, NOT, dsb. misal di atas kita memakai rumus OR. 
  2. lantaran rumus IF adalah rumus logika jadi bila kita logikakan dengan kalimat kurang lebih begini : " bila A1 atau B1 semakin besar dari 0 ; jadi berlaku rumus A1/B1 ; atau cell C1 terus kosong " 
  3. sinyal petik adalah pembatas text pada rumus excel, bila ada dua sinyal petik (" ") jadi itu bermakna teks didalamnya kosong, bila akan bikin kalimat berhimpun dengan rumus excel gunakanlah sinyal petik dua (" "). umpamanya memakai rumus di atas kita masukkan kata " kosong " jadi =IF (OR (A10 ; B0) ; A1/B1 ; " kosong " 
  4. Penambahan rumus excel OR bermanfaat untuk pilih dua atau lebih cell yang kita pakai jadi bila cell A1 atau B1 ada yang kosong jadi rumus inti akan tidak berfungsi 

Langkah memakai rumus excel IF dalam keseharian 

Maksud kita pelajari rumus excel untuk mempermudah kita dalam aktivitas kita keseharian hingga butuh kita aplikasikan rumus excel ini segera untuk keperluan sehari-harinya kita, seperti Laporan berbelanja harian, neraca keuangan usaha, gagasan biaya, ataupun proposal keuangan, tersebut kami berikanlah misal perincian biaya harian :
rumus excel IF dalam keseharian
Gambar 6. rumus excel IF dalam keseharian
Misal dengan lihat gambar di atas jadi rumus yang dipakai pada cell D4 yaitu : 
=IF (OR (B40 ; C40) ; (D2+SUM (B4 : B4)) -SUM (C4 : C4) ; " ") 
Sesungguhnya terdapat banyak rumus excel yang paling umum dipakai yang belum pernah kami terangkan di sini seperti SUMIF, COUNTIF, LOOKUP, serta yang lain. Tetapi dengan kuasai sebagian rumus serta logika di atas telah cukup untuk diterapkan dalam kehidupan keseharian. 

Related Posts

10 Rumus Microsoft Excel Paling Umum Digunakan
4/ 5
Oleh