Rabu, 09 Maret 2016

4 Ritual Unik Gerhana Matahari di Seluruh Dunia

Gerhana Matahari Total (GMT) menjadi salah satu momen yang ditunggu masyarakat dunia. Oleh sebab itu, mereka memiliki ritual unik untuk menyambut kedatangan gerhana.
Ternyata, tak hanya Indonesia yang memiliki ritual unik saat terjadi gerhana, tetapi beberapa negara di belahan dunia juga melakukan ritual unik. Apa saja ritual unik yang warga dunia menyambut gerhana? Berikut ini empat ritual aneh sambut gerhana di seluruh dunia, sebagaimana dilansir Mirror, Selasa (8/3/2016).
Menembak Bulan
Masyarakat China kuno menggunakan panah api ke arah gerhana, dan tradisi itu hidup selama ribuan tahun. Mereka tak merayakan kedatangan Bulan, tetapi berusaha untuk menakut-nakuti Matahari tidak akan bersinar lagi.
Menganiaya Peralatan Dapur Mereka
Sebagian orang di seluruh dunia percaya, Bulan menyerang Matahari selama gerhana. Di Timur Tengah, beberapa masyarakat membenturkan secara bersama-sama panci mereka untuk menakut-nakuti orang yang sedang marah di Bulan.
Menguci Pintu dan Jendela
Cerita rakyat menunjukkan gerhana dapat membahayakan ibu hamil, dan menyarankan perempuan untuk tetap tinggal di rumah mereka. Di India, diyakini sinar anak sinar gerhana membahayakan janin kaum perempuan, sementara negara-negara lain percaya itu bisa menyebabkan anak-anak lahir dengan tanda lahir bibir sumbing.
Mengenakan Celana Merah
Takhayul wanita di Amerika Selatan percaya, gerhana bisa meninggalkan anak-anak dengan tanda lahir. Pada masa lalu, suku Maya dan Aztec mengenakan panah dan tali merah untuk mencegah hal ini. Sementara wanita modern menggunakan celana merah dan menyematkan peniti melaluinya.

Related Posts

4 Ritual Unik Gerhana Matahari di Seluruh Dunia
4/ 5
Oleh