Rabu, 20 April 2016

5 Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil yang Aman - NGOMIX



NGOMIX, Selama kehamilan, seorang ibu hamil memang dianjurkan untuk tidak sembarang memilih dan menggunakan obat bagi penyakit yang diderita. Alasannya tak lain karena kondisi janin yang masih lemah akan sangat sensitif terhadap bahan aktif yang terkandung dalam berbagai jenis obat tersebut. Hal ini berlaku terutama ketika ibu hamil terserang batuk.

Ketika terserang batuk, ibu hamil sangat tidak diperbolehkan mengkonsumsi obat batuk yang ada di warung atau di apotek tanpa pengawasan dan resep dokter. Peringatan ini didasari pada beberapa penelitian yang menunjukan bahwa konsumsi obat batuk saat hamil dapat meningkatkan risiko cacat lahir dan keguguran pada janin.

Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil yang Aman

Menyadari hal tersebut, ibu-hamil.web.id telah menyusun beberapa obat batuk alami untuk ibu hamil yang mungkin dapat menjadi alternatif untuk meredakan batuk yang tengah Anda derita. Berikut ini pembahasannya.

5. Jeruk Nipis
Jeruk nipis sudah terbukti sangat mujarab mengobati batuk kering maupun batuk berdahak. Pada ibu hamil, penggunaan jeruk nipis sebagai obat batuk alami tidak akan mengakibatkan masalah karena berasal dari bahan alami. Peraslah 2-3 butir jeruk nipis untuk diambil airnya, lalu campurkan kecap, sedikit madu, dan garam baru kemudian obat batuk alami ini dapat diminum.
4. Jeruk Limau
Selain jeruk nipis, jeruk limau pun ternyata dapat digunakan sebagai obat batuk alami untuk ibu hamil. Penggunaan jeruk limau biasanya lebih dikhususkan untuk mengobati batuk kering. Tidak seperti jeruk nipis, pengobatan batuk menggunakan jeruk limau biasanya hanya dibuat menjadi jus jeruk hangat sehingga lebih enak dan menyegarkan.
3. Jahe
Rempah yang satu ini sudah umum diketahui sebagai salah satu obat herbal yang dapat meredakan masuk angin dan batu. Ya, dengan meminum 3 gelas wedang jahe setiap hari, batuk yang ibu hamil derita agan segera reda dan dahak di tenggorokan lebih cepat luruh dan encer.

2. Sereh
Air rebusan sereh ternyata jauh lebih efektif menyembuhkan batuk ketimbang berbagai jenis obat batuk alami untuk ibu hamil lainnya. Ya, berdasarkan penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia diketahui bahwa sereh dapat meredakan batuk 1,5 kali lebih cepat dibanding dengan jeruk nipis, dan jahe.

1. Asam Jawa
Nah, inilah obat batuk alami yang paling efektif. Asam jawa yang dibuat wedang dengan campuran gula jawa sangat efektif mengencerkan dahak. Bila Anda meminumnya malah hari, keesokannya Anda pasti sudah akan mengalami banyak perubahan. Namun, perlu diingat konsumsi obat batuk herbal ini sebaiknya tidak terlalu banyak terutama bagi Anda yang mengidap magh.

Nah, demikianlah 5 obat batuk alami untuk ibu hamil yang aman dan terbukti manjur. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Related Posts

5 Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil yang Aman - NGOMIX
4/ 5
Oleh