Minggu, 19 Juni 2016

5 Tips Berolahraga Bagi Penderita Diabetes

Olahraga merupakan hal yang baik bila dilakukan oleh para penderita diabetes. Aktivitas ini sangat baik untuk menurunkan gula darah di dalam tubuh karena insulin yang bekerja secara optimal. Selain juga bisa menurunkan massa tubuh, olahraga juga sangat baik untuk mengoptimalkan fungsi kerja organ jantung dan paru-paru.

Bila Anda atau relasi adalah seorang penderita diabetes, maka 5 tips berolahraga ini akan mampu untuk membuat mereka lebih bugar dan mengotrol gula darah.
Berikut tipsnya:
  1. Konsultasikan pada dokter pribadi Anda tentang jenis olahraga seperti apa yang cocok dengan kondisi tubuh. Jangan memaksakan untuk melakukan olahraga berat agar Anda tidak cidera.
  2. Tidak semua olahraga baik untuk penderita diabetes. setelah berkonsultasi pada dokter baru Anda bisa memilih jenis olahraga seperti apa yang ingin dilakukan. Olahraga seperti berjalan, berenang, menari, naik sepeda, bowling hingga baseball adalah pilihan yang baik.
  3. Lakukan olahraga secara teratur minimal 3x seminggu yang berdurasi selama 30 – 45 menit. Bila Anda merasa berat dan belum terbiasa, Anda bisa memulainya dari durasi 5-10 menit dan terus menambah durasi waktu olahraga secara perlahan untuk kembali membiasakan tubuh.
  4. Cek kadar gula Anda sebelum berolahraga. Bila gula darah Anda kurang dari 100/120 atau Anda belum mengonsumsi apapun selama satu jam sebelum berolahraga, maka Anda bisa mencoba memakan apel atau susu sebelum memulai berolahraga.
  5. Bawalah makanan ringan untuk menjaga kondisi gula darah Anda tetap dalam kondisi aman ketika sedang berolahraga. Beritahukan kepada rekan berolahraga bila Anda mengidap diabetes.

Related Posts

5 Tips Berolahraga Bagi Penderita Diabetes
4/ 5
Oleh