Rabu, 22 Juni 2016

Dr. Yoshiro Nakamatsu – Penemu dengan 4.000 Hak Paten


Siapakah orang dengan hak paten terbanyak di muka bumi? Pasti banyak yang menjawab Thomas Alva Edison! Penemu bohlam lampu ini memang memiliki 1.093 hak paten atas penemuan-penemuannya namun penemu asal Jepang, Yoshiro Nakamatsu, mencatatkan dirinya sebagai pemegang lebih dari 4.000 hak paten.
New York Times menyebutkan bahwa Dr. Nakamats memegang rekor dunia dengan jumlah paten terbanyak. Beberapa penemuannya yang paling terkenal adalah mesin argo taksi, jam tangan digital, alat pompa saus, dan mesin karaoke. Oleh US Science Academic Society, Dr. Nakamats disebut-sebut sebagai salah satu dari lima penemu terhebat sepanjang masa. Empat penemu lainnya adalah Archimedes, Michael Faraday, Marie Curie, dan Nikoa tesla.
Di samping sejumlah produk temuannya yang inovatif, sebagian besar penemuan Dr. Nakamats dinilai unik dan eksentrik. Beberapa diantaranya sepatu pelompat, toilet duduk dengan pengungkit, rokok pengaktivasi kerja otak, bantal leher pencegah ketiduran selama menyetir, dan wig yang dapat digunakan untuk membela diri.
Dr. Nakamats membuat temuan pertamanya pada usia 5 tahun, dimana dia mencoba menciptakan penyeimbang berat pada pesawat terbang kertas agar dapat terbang lebih jauh. Sejak saat itu, Dr. Nakamats tidak berhenti menciptakan temuan-temuan baru. Di sela-sela latihan renang hariannya, Dr. Nakamats selalu membawa notepad kedap air agar dia bisa langsung mencatat semua ide yang mungkin muncul.
Sejumlah ahli keuangan memperkirakan kekayaan Dr. Nakamats mencapai $75 juta, meskipun Dr. Nakamats tidak mengakuinya. Dia mengatakan semua uang yang dihasilkan dari temuannya akan kembali digunakan untuk membiayai penemuan lain, jadi dia sama sekali tidak memiliki jumlah kekayaan tetap yang berarti.
Perusahaan milik Dr. Nakamats, Hi-Tech Innovation Corp tercatat mempekerjakan lebih dari 100 ahli untuk memantau perkembangan temuan-temuannya. Selain itu, Dr. Nakamats juga merilis 32 buku best-seller, diantaranya adalah buku-buku tentang makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan.
Dr. Nakamats memang sangat peduli tentang hubungan makanan dengan kesehatan dimana dia percaya makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengambil peranan penting dalam meningkatkan kerja otak dan membuat seseorang lebih cerdas daripada sekelilingnya. Setiap harinya, Dr. Nakamats hanya makan sekali, namun dengan bahan-bahan pilihan seperti rumput laut dan hati ayam.
Pada tahun 2005, Dr Nakamats mendapatkan hadiah “Ig Nobel” (parodi dari Nobel Prize) di bidang Nutrisi, dengan memotret setiap makanan yang ia konsumsi selama 34 tahun. Dalam wawancaranya, Dr Nakamats mengatakan kalau dia berencana hidup hingga dia berusia 144 tahun.
Bakat dan kreativitas Dr Nakamats telah menarik sejumlah media di Amerika, ia bahkan pernah muncul di beberapa acara TV Amerika, termasuk Lifestyles of Night of Rich and Famous, Late Night with David Letterman, dan Bizzare Food with Andrew Zimmern. Ia juga pernah diundang di acara BBC Show Adam dan Joe Go Tokyo dan BBC radio show Jon Ronson pada tahun 2005.
Measure
Measure

Related Posts

Dr. Yoshiro Nakamatsu – Penemu dengan 4.000 Hak Paten
4/ 5
Oleh